PENILAIAN KINERJA KEPALA MADRASAH

NomorTUGAS UTAMA/UNSUR TUGAS UTAMANO INDIKATOR KERJADATA KINERJA YANG DIHARAPKANBUKTI OTENTIK KUALITAS KINERJA*
1.1Mengembangkan madrasah sesuai dengan kebutuhan. 1Mampu menggembangkan struktur organisasi yang sesuai dengan kebutuhan programDokumen struktur madrasahMelalui observasi dan studi dokumen:
  1. bagan/struktur organisasi;
  2. notulen rapat yang berisi keputusan tentang penyusunan struktur organisasi;
  3. dokumen sosialisasi; dan
  4. Daftar Hadir
  1. Mengembangkan madrasah sesuai dengan kebutuhan
2Mampu menempatkan personalia yang sesuai dengan kebutuhanDokumen uraian tugas personalia di madrasahMelalui studi dokumen:
  1. dokumen penetapan/pengesahan susunan organisasi madrasah;
  2. rincian tugas setiap personil pada struktur organisasi madrasah;
  3. SOP Personalia; dan
  4. Sertifikat
    3Mampu mengembangkan pedoman dan prosedur kerja organisasi madrasahPedoman dan prosedur kerja organisasi madrasahMelalui obsevasi dokumen:
    1. SOP madrasah
      1.2Mengelola perubahan dan pengembangan madrasah menuju organisasi pembelajar yang efektif. 1Mampu mengembangkan program baru untuk meningkatkan pencapaian target yang lebih tinggi.Program pengembangan madrasah mengandung target pencapaian pada indikator keunggulan khas satuan pendidikan, kerja sama tim, dan data realisasi target yang meningkat daripada pencapaian sebelumnya.

      Melalui studi dokumen:

      1. visi dan Misi madrasah;
      2. data prestasi madrasah;
      3. data hasil UN 3 tahun terahir;
      4. Data Alumni
        2Mampu dan terampil dalam membangun tim kerja yang efektif untuk mendapatkan produk kinerja yang lebih unggul.Terdapat struktur organisasi yang dilengkapi dengan distribusi dan deskripsi pembagian tugas Melalui observasi dan studi dokumen:
        1. bagan/struktur organisasi;
        2. SK;
        3. tugas dan fungsi;
        4. Terbentuknya KKG/MGMP;
        5. Program KKG/MGMP; dan
        6. Laporan kegiatan KKG/MGMP
          3Mampu menerapkan berbagai teknik pembaharuan dalam pengelolaan pembelajaranTerdapat penerapan strategi pembaharuan dengan strategi yang terprogramMelalui studi dokumen:
          1. KTSP;
          2. kalender pendidikan;
          3. perangkat pembelajaran;
          4. penilaian; DAN
          5. peraturan akademik
            4Mampu mengembangkan potensi dan meningkatkan prestasi madrasahDokumen bukti perkembangan. potensi dan prestasi peserta didik, yang meningkat dari waktu ke waktu.Melalui studi dokumen:
            1. data prestasi madrasah 1 tahun terahir;
            2. data hasil UN 1 tahun terahir;
            3. Dokumen Akreditasi; dan
            4. Program Ekstrakurikuler
              1.3Mengelola hubungan antara madrasah dan masyarakat dalam rangka pencarian dukungan ide, sumber belajar, dan pembiayaan.1Merencanakan kerjasama dengan lembaga pemerintah, swasta dan masyarakatData kerjasama dengan lembaga pemerintah, swasta, dan masyarakat

              Melalui studi dokumen:

              1. SK komite madasah;
              2. AD/ART komite madrasah;
              3. program kerja komite madrasah;
              4. laporan kegiatan komite madrasah; dan
              5. dokumen tertulis kerja sama (MOU).
                2Melakukan pendekatan-pendekatan dalam rangka mendapatkan dukungan dari lembaga pemerintah, swasta dan masyarakatDokumen pragram kerjasama dengan pemerintah, swasta, dan masyarakat

                Melalui studi dokumen:

                1. Program kegiatan kerja sama;
                2. Foto kegiatan;
                3. Jadwal Kegiatan; dan
                4. Sk Penanggung Jawab program.
                  3Memanfaatkan dan memelihara hubungan kerjasama dengan lembaga pemerintah, swasta dan masyarakatData hasil kerjasama dengan lembega pemerintah, swasta, dan masyarakat

                  Melalui studi dokumen:

                  1. Laporan kegiatan kerja sama
                    1.4Mengelola proses pencapaian 8 SNP sesuai dengan arah dan tujuan Pendidikan nasional1Mengaplikasikan pengembangan kurikulum yang mengacu kepada standar isi Dokumen analisis SNP dalam hal standar ini

                    Melalui studi dokumen:

                    1. KTSP;
                    2. kalender pendidikan;
                    3. perangkat pembelajaran;
                    4. penilaian;
                    5. peraturan akademik; dan
                    6. Buku Kerja Guru.
                      2Mengaplikasikan pengembangan proses pembelajaran yang mengacu kepada standar proses Dokumen analisis SNP dalam hal standar proses

                      Melalui studi dokumen:

                      1. dokumen pengembangan silabus;
                      2. RPP;
                      3. RPE;
                      4. buku teks;
                      5. jurnal mengajar guru; dan
                      6. data siswa.
                        3mengaplikasikan sistem penilaian pembelajaran yang mengacu kepada standar penilaian Dokumen analisis SNP dalam hal standar penilaian

                        Melalui studi dokumen:

                        1. instrumen penilaian;
                        2. kisi-kisi soal;
                        3. kumpulan nakah soal;
                        4. analisis butir soal;
                        5. dokumen analisis hasil belajar siswa;
                        6. laporan hasil belajar siswa;
                        7. tindak lanjut hasil penilaian;
                        8. dokumen pelaksanaan PAS; dan
                        9. dokumen pelaksanaan PAT.
                          4Melaksanakan penjaminan mutu pencapaian standar kompetensi lulusan Dokumen analisis SNP dalam hal standar kompetensi lulusanMelalui studi dokumen:
                          1. dokumen program kegiatan kesiswaan;
                          2. laporan kegiatan kesiswaan;
                          3. dokumentasi kegiatan kesiswaan;
                          4. laporan kegiatan pembiasaan siswa;
                          5. dokumen kegiatan literasi;
                          6. data rata-rata hasil ujian 2 tahun terahir;
                          7. data prestasi akademik 2 tahun terahir; dan
                          8. data prestasi non akademik 2 tahun terahir.
                          1. laporan kegiatan pembiasaan siswa
                          2. dokumentasi kegiatan kesiswaan
                          3. dokumen kegiatan literasi
                          4. data prestasi akademik 2 tahun terahir
                          5. data prestasi akademik 2 tahun terahir
                          6. Juara 3 Bulu Tangkis Piala Rektor USM-PWI Jateng
                          1.5Mengelola unit layanan khusus madrasah dalam mendukung kegiatan pembelajaran dan kegiatan peserta didik di madrasah.1Mampu mengelola laboratorium madrasah agar dapat dimanfaatkan secara optimal untuk kepentingan pembelajaran peerta didikAdanya bukti pemanfaatan laboratorium dalam pembelajaran, jadwal, kegiatan, dllObservasi dan studi dokumen:
                          1. luas memenuhi sesuai standar;
                          2. sarana pendukung lab;
                          3. jurnal laboratorium; dan
                          4. Program Pengembangan Sarpras.
                          1. jurnal kegiatan di laboratorium tik 2023/2024 semester 1
                          2. jadwal praktik laboratorium tik 2023/2024 semester 1
                          2Mampu mengelola perpustakaan madrasah dalam menyiiapkan sumber belajar yang diperlukan oleh peserta didikAdanya bukti pemanfaatan lperpustakaan dalam pembelajaran, jadwal, kegiatan, dll

                          Observasi dan studi dokumen:

                          1. luas memenuhi sesuai standar;
                          2. sarana pendukung;
                          3. daftar buku induk perpustakaan; dan
                          4. laporan/statistic pengelolaan perpustakaan.
                            3Mampu mengelola usaha madrasah untuk pembeljaran pesera didik dan pemasukan tambahan dana bagi madrasahAdanya bukti kegiatan usaha madrasah dalam pembelajaran.

                            Melalui studi dokumen:

                            1. data/laporan kegiatan usaha madrasah
                              4Mampu mengella koperasi madrasah baik sebagai media praktik maupun sebagai sumber belajar bagi peserta didikAdanya bukti pemanfaatan koperasi dalam pembelajaran, jadwal, kegiatan, dll

                              Observasi dan studi dokumen:

                              1. instrumen hasil praktek pembelajaran; dan
                              2. foto kegiatan praktik
                                1.6Mengelola sistem informasi madrasah dalam mendukung penyusunan program dan pengambilan keputusan.1Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam manajemen madrasahAdanya bukti pemanfaatan teknologi indformasi dan komunikasi dalam manajemen madrasahObservasi, studi dokumen dan wawancara:
                                1. fasilitas teknologi dan informasi; dan
                                2. sumber daya informasi
                                1. papan nama ruang kelas elektronik
                                2. Pencatatan Elektronik Kehadiran Siswa
                                2Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran, baik sebagai sumber belajar maupun sebagai alat/media pembelajaranAdanya bukti pemanfaatan teknologi indformasi dan komunikasi sebagai sumber belajar dan media pembelajaranObservasi lingkungan madrasah dan wawancara:
                                1. ketersediaan komputer;
                                2. jaringan internet;
                                3. website madrasah;
                                4. alamat email madrasah; dan
                                5. pemanfaatan TIK untuk pembelajaran.
                                1. jaringan internet
                                2. alamat email madrasah
                                3. pemanfaatan TIK untuk pembelajaran
                                4. tautan web madrasah
                                3Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam menjalin kerja sama dengan pihak lainAdanya bukti pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam menjalin kerjasama dengan pihak lainObservasi lingkungan madrasah, wawancara dan studi dokumen:
                                1. pengelolaan SIM;
                                2. fasilitas SIM;
                                3. surat tugas pengelola SIM; dan
                                4. pelaporan data dan informasi.
                                1. pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam menjalin kerjasama dengan pihak lain
                                2. Simpatika Kemenag
                                4Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam promosi program madrasah dan prestasi yang telah dicapaiAdanya bukti pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam promosi program madrasah dan prestasi yang dicapaiObservasi lingkungan madrasah, wawancara dan studi dokumen:
                                1. pengelolaan SIM;
                                2. fasilitas SIM;
                                3. surat tugas pengelola SIM; dan
                                4. pelaporan data dan informasi.
                                  1.7Memanfaatkan kemajuan teknologi informasi bagi peningkatan pembelajaran dan manajemen madrasah1Mampu mengembangkan sistem administrasi pengelolaan secara efektif dengan dukungan penerapan teknologi informasi dan komunikasi.Terdapat penerapan TIK (berbasis komputer, CD, jejaring intranet, internet) dalam pengelolaan administrasi administrasi persuratan, sarana prasarana, kepegawaian, kepeserta didikan, dan keuangan.Observasi lingkungan madrasah dan wawancara:
                                  1. jumlah komputer dan LCD yang cukup;
                                  2. memiliki jaringan internet;
                                  3. memiliki web sekolah;
                                  4. memiliki e-mail madrasah; dan
                                  5. Memanfaatkan TIK untuk adminitrasi madrasah.
                                  1. jumlah komputer dan LCD yang cukup
                                  2. mengembangkan sistem administrasi pengelolaan secara efektif dengan dukungan penerapan teknologi informasi dan komunikasi
                                  3. memiliki jaringan internet
                                  4. memiliki web sekolah
                                  5. memiliki e-mail madrasah
                                  6. memanfaatkan TIK untuk adminitrasi madrasah, yakni mencatat kehadiran siswa
                                  2Mengelola adminsistasi pembelajaran secara efektif dengan dukungan penerapan teknologi informasi dan komunikasi.Model penerapan TIK dalam pengelolaan adminsitrasi kurikulum dan pembelajaran, misalnya, pengelolaan kurikulum berbasis komputer, intranet, dan internet.Observasi lingkungan madrasah dan wawancara:
                                  1. jumlah komputer dan LCD yang cukup;
                                  2. memiliki jaringan internet; dan
                                  3. memanfaatkan TIK untuk pembelajaran.
                                  1. memiliki jaringan internet
                                  2. memanfaatkan TIK untuk pembelajaran
                                  3. memanfaatkan TIK untuk pembelajaran menggunakan elearning madrasah
                                  3Mampu mengembangkan sistem pengelolaan perpustakaan secara efektif dengan dukungan penerapan teknologi informasi dan komunikasi. Model pemanfaatan TIK dalam sistem pengelolaan perpustakaan berbasis komputer, intranet, atau internet.

                                  Observasi dan studi dokumen:

                                  1. katalog digital;
                                  2. BSE;
                                  3. akses internet;
                                  4. komputer; dan
                                  5. dokumen aplikasi layanan perpustakaan.
                                    2.1Menyusun perencanaan madrasah untuk berbagai tingkatan perencanaan. 1Mampu mengembangkan RKJM, RKT/RKAM dengan program lainnya berdasarkan data hasil evaluasi dalam pemenuhan 8 SNPDokumen RKJM, RKT/RKAM yang meliputi 8 SNP,

                                    Melalui studi dokumen:

                                    1. Dokumen Evaluasi Diri Madrasah EDM); dan
                                    2. Dokumen RKJM dan RKT berbasis EDM
                                      2Mampu merumuskan visi-misi sebagai arah pengembangan program RKJM, RKT/RKAS dan program lainnya.Visi-misi madrasah merupakan rumusan hasil keputusan bersama.

                                      Melalui studi dokumen:

                                      1. visi, misi yang telah ditetapkan oleh Kamad; dan
                                      2. berita acara dan daftar hadir kegiatan perumusan/ peninjauan kembali dan penetapan visi dan misi.
                                        3Mampu menentukan strategi pencapaian tujuan madrasah, dilengkapi dengan indikator pencapaian yang terukurDokumen program yang memuat strategi pencapaian tujuan madrasah

                                        Melalui studi dokumen:

                                        1. program kerja; dan
                                        2. RKJM dan RKTM
                                          4Mampu menyusun program dengan rencana evaluasi keterlaksanaan dan pencapaian programDokumen rencana evaluasi keterlaksanaan dan pencapaian program.

                                          Melalui studi dokumen:

                                          1. RKJM dan RKTM
                                            2.2Memimpin madrasah dalam rangka pendayagunaan sumber daya madrasah/ madrasah secara optimal. 1Mampu meberi contoh berdisiplin; hadir tepat waktu, disiplin menggunakan waktu, dan tepat waktu mengakhiri pekerjaan.Dokumen daftar hadir semua kegiatan madrasah

                                            Observasi, wawancara dan studi dokumen:

                                            1. finggerprint kehadiran kamad; dan
                                            2. daftar hadir pada kegiatan di madrasah
                                              2Mampu melaksanakan peraturan sesuai dengan ketentuan yang berlakuMenjadi contoh dan mengarahkan guru, staf administrasi, dan peserta didik melaksanakan kegiatan sesuai dengan peraturan.Wawancara dengan warga madrasah
                                                3Mampu menunjukkan keteladanan dalam memanfaatkan sumber daya secara efektif dan efisien.Memecahkan masalah madrasah secara bersama-sama, merencanakan pemanfaatan sumber belajar dan sumber informasi, memantau penggunaan sumber daya, dan menilai pemanfaatan sumber daya

                                                Wawancara dengan warga madrasah

                                                  4Mampu menunjukkan kedisiplinan sebagai insan pembelajar.Rajin membaca dan pendengar yang baik, mengekspresikan pikiran secara tertulis, mengkomunikasikan ilmu pengetahuan baru, dan menyediakan berbagai media untuk mengembangkan gagasan warga madrasah.

                                                  Wawancara, observasi:

                                                  1. koleksi buku refrefensi/ ilmu pengetahuan; dan
                                                  2. karya tulis yang diterbitkan atau tidak
                                                    2.3Menciptakan budaya dan iklim madrasah yang kondusif dan inovatif bagi pembelajaran peserta didik. 1Mampu menjadi contoh dan berbudaya mutu yang kompetitif dalam mendorong peningkatan prestasi akademik dan nonakademik peserta didikDokumen peningkatan KKM, target hasil ulangan, hasil UN dan target keunggulan nonakademik peserta didik yang terprogram, terlaksana, dan meningkat hasilnya

                                                    Wawancara dan studi dokumen:

                                                    1. peningkatan KKM;
                                                    2. hasil UN;
                                                    3. program keunggulan dan inovasi baik akademik maupun non akademik; dan
                                                    4. data prestasi akademik dan non akademik.
                                                    1. prestasi akademik dan non akademik siswa
                                                    2Mampu melengkapi sarana dan prasarana untuk menciptakan suasana belajar kondusif dan inovatif bagi peserta didikSuasana lingkungan madrasah yang asri, bersih, rindang, aman, dan menyenangkan peserta didik

                                                    Observasi lingkungan madrasah:

                                                    1. suasana lingkungan yang asri, bersih, rindang, aman, dan menyenangkan peserta didik
                                                    1. Dokumentasi Suasana Lingkungan Madrasah
                                                    3Mampu memfasilitasi kegiatan-kegiatan untuk meningkatkan budaya baca dan budaya tulis peserta didik.Data kunjungan perpustakaan, peminjaman buku oleh peserta didik, pembaharuan buku dan bahan bacaan, ketersediaan sumber belajar berbasis TIK, dan sarana publikasi karya tulis, dan mengembangkan kompetisi karya tulis peserta didik tingkat madrasah.Observasi, wawancara dan studi dokumen: (1) rencana dan laporan pelaksanaan kegiatan literasi; (2) dokumen kegiatan pengembangan budaya baca; dan (3) dokumen/ pajangan hasil karya tulis siswa.
                                                    1. Progam dan Laporan Kiterasi 2023-2024
                                                    2. Dokumentasi pajangan siswa 2023-2024
                                                    4Mampu memfasilitasi kegiatan-kegiatan lomba di bidang akademik dan nonakademik bagi peserta didikDokumen penyelenggaran kegiatan kompetisi yang dimulai dari tingkat madrasah, perolehan piagam penghargaan, piala, trofi perlombaan bidang akademik dan nonakademik.

                                                    Observasi dan studi dokumen:

                                                    1. dokumen penyelenggaran kegiatan kompetisi yang dimulai dari tingkat madrasah; dan
                                                    2. daftar perolehan piagam, penghargaan, piala, trofi perlombaan disemua jenjang.
                                                      2.4Mengelola guru dan staf dalam rangka pendayagunaan sumber daya manusia secara optimal. 1Mampu menyusun perencanaan pengembangan pendidik dan tenaga kependidikanDokumen program pembinaan pendidik dan tenaga kependidikan di madrasahStudi dokumen dan wawancara: program kerja kepala madrasah
                                                        2Mampu melakukan pembinaan berkala untuk meningkatkan mutu SDM madrasahDokumen pelaksanaan kegiatan pembinaan guru.

                                                        Studi dokumen dan wawancara:

                                                        1. buku/catatan pembinaan guru dan tendik (notulen dan daftar hadir rapat pembinaan); dan
                                                        2. laporan kinerja kepala madrasah.
                                                          3Memfasilitasi guru dan staf administrasi untuk meningkatkan kegiatan pembinaan kompetensiData dukungan Kepala Madrasah dalam memfasilitasi staf administrasi untuk meningkatkan mutu profesi.

                                                          Studi dokumen dan wawancara:

                                                          1. buku/catatan pembinaan guru dan tendik (notulen dan daftar hadir rapat pembinaan); dan
                                                          2. laporan kinerja kepala madrasah.
                                                            4Memantau dan menilai penerapan hasil pelatihan dalam pekerjaan di madrasahDokumen program evaluasi pelatihan atau pengembangan profesi pendidik dan tenaga kependidikan

                                                            Observasi dan studi dokumen:

                                                            1. program pelatihan pengembangan profesi guru dan tendik; dan
                                                            2. laporan pelaksanaan pelatihan pengembangan profesi guru dan tendik
                                                              2.5Mengelola sarana dan prasarana madrasah dalam rangka pendayagunaan secara optimal1Mampu mengelola fasilitas prasarana, perabot dan sarana madrasah (gedung, bangunan, dan lahan meja, kursi, lemari, peralatan kantor, dan alat kebersihan)Data fasilitas prasarana, perabot, dan sarana marasah dikelola dengan baik

                                                              Observasi dan studi dokumen:

                                                              1. buku inventaris; dan
                                                              2. buku pemeliharaan sarana dan prasarana.
                                                                2Mampu mengelola perpustakaan madrasahData perpustakaan dikelola dengan baik

                                                                Observasi fisik dan studi dokumen:

                                                                1. buku induk perpustakaan; dan
                                                                2. buku/data/grafik layanan perpustakaan.
                                                                  3Mampu mengelola laboratirium madrasahData laboratorium dikelola dengan baik

                                                                  Observasi fisik dan studi dokumen:

                                                                  1. daftar infentaris laboratorium; dan
                                                                  2. buku/jurnal/ data/grafik layanan Laboratorium
                                                                  1. layanan Laboratorium TIK
                                                                  2. jurnal kegiatan di laboratorium tik 2023/2024 semester 1
                                                                  3. layanan Laboratorium TIK berupa pelaksanaan asesmen bakat dan minat
                                                                  4Mampu mengelola fasilitas penunjang madrasah lainnya (bengkel, toko, koperasi, kebun dsb)Data fasilitas penunjangterkola dengan baik

                                                                  Observasi fisik,wawancara dan studi dokumen:

                                                                  1. data fasilitas penunjang wirausaha yang dikelola oleh madrasah
                                                                    2.6Mengelola peserta didik dalam rangka penerimaan peserta didik baru, dan penempatan dan pengembangan kapasitas peserta didik1Menyusun perencanaan penerimaan, pengelolaan dan pengembangan kompetensi peserta didik.Dokumen program penerimaan peserta didik baru, kriteria penerimaan peserta didik, data hasil analisis bekal ajar peserta didik awal,

                                                                    Studi dokumen:

                                                                    1. dokumen program penerimaan peserta didik baru;
                                                                    2. brosur; dan
                                                                    3. data hasil analisis kemampuan peserta didik baru
                                                                      2Memiliki program pengembangan potensi diri dan prestasi peserta didik.Dokumen program pengembangan potensi diri dan prestasi peserta didik.

                                                                      Observasi dan studi dokumen:

                                                                      1. program pengembangan diri peserta didik.
                                                                        3Memfasilitasi kegiatan-kegiatan untuk meningkatkan pembiasaan melalui penanaman nilai-nilai.Data program kegiatan akademik dan nonakademik melalui penanaman nilai - nilai.

                                                                        Observasi lingkungan aktivitas siswa, wawancara dan studi dokumen:

                                                                        1. program kegiatan akademik dan non akademik dan laporan pelaksanaannya; dan
                                                                        2. dokumentasi kegiatan.
                                                                          4Memfasilitasi kegiatan pengembangan diri bagi peserta didik, pendidik, dan tenaga kependidikan lainnya secara optimalData keterlaksanaan program pengembangan diri peserta didik, pendidik, dan tenaga kependidikan

                                                                          Observasi lingkungan aktivitas siswa dan guru, wawancara dan studi dokumen:

                                                                          1. program kegiatan pengembangan diri;
                                                                          2. dokumentasi kegiatan; dan
                                                                          3. data prestasi siswa, guru dan tendik.
                                                                          1. Juara 1 Bulu Tangkis Kejurkot Salatiga 2023
                                                                          2.7Mengelola pengembangan kurikulum dan kegiatan pembelajaran sesuai dengan arah dan tujuan pendidikan nasional1Mampu mengarahkan secara efektif dalam menerapkan prinsip-prinsip pengengembangan KTSP dalam kegiatan IHT, Workshop, Rapat Koordinasi, dan kegiatan MGMP/KKG.Dokumen hasil pengembangan kurikulum yang disusun melalui rapat kerja, IHT, Workshop, Rakor, atau kegiatan MGMP/KKG

                                                                          Studi dokumen:

                                                                          1. dokumen kurikulum yang berlaku;
                                                                          2. SK tim pengembang kurikulum; dan
                                                                          3. dokumen penyusunan dokumen kurikulum (daftar hadir, berita acara, notulen).
                                                                          1. dokumen penyusunan dokumen kurikulum (daftar hadir, berita acara, notulen).
                                                                          2Mampu mengendalikan pelaksanaan KTSP berlandaskan kalender pendidikan, menerbitkan surat keputusan pembagian tugas mengajar, dan menerapkan aturan akademik.Pelaksanaan KTSP sesuai dengan kalender pendidikan tingkat madrasah, surat keputusan pembagian tugas mengajar, dan aturan akademik,.

                                                                          Studi dokumen:

                                                                          1. struktur kurikulum;
                                                                          2. jadwal pelajaran;
                                                                          3. daftar hadir guru; dan
                                                                          4. peraturan akademik
                                                                            3Memfasilitasi efektivitas tim kerja guru dalam rangka meningkatkan mutu pembelajaran.Bukti pelaksanaan kerja sama guru pada tingkat satuan pendidikan, antar satuan pendidikan dalam meningkatkan mutu perencanaan, proses, pembelajaran

                                                                            Studi dokumen:

                                                                            1. program KKG/MGMP di madrasah; dan
                                                                            2. laporan pelaksanaan KKG/MGMP.
                                                                              4Mampu mengembangkan pelayanan belajar yang inovatif melalui pengembangan perangkat dan sumber belajar yang terbarukan.Bukti penggunaan metode hasil pelatihan paling akhir, memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi, penggunaan alat peraga, teknik evaluasi baru yang menghasilkan produk belajar peserta didik yang dipublikasikan di lingkungan madrasah atau media lain

                                                                              Observasi kelas, studi dokumen wawancara dengan siswa dan guru:

                                                                              1. menelaah ragam metode, media dan sumber belajar yang digunakan dalam RPP
                                                                              1. pembelajaran inovatif "Merakit Smart Car"

                                                                              2. Pembelajaran Inovatif "praktikum induksi elektromagnetik"
                                                                              3. pembelajaran inovatif Ayunan Balistik
                                                                              4. pembelajaran inovatif "Elektroskop Sederhana"
                                                                              5Memfasilitasi peserta didik dalam mengembangkan kolaborasi dan kompetisi bidang akademik dan nonakademikData kegiatan kolaborasi dan kompetisi peserta didik tingkat madrasah, baik akademik dan non akademik.

                                                                              Wawancara dan studi dokumen:

                                                                              1. program, laporan dan dokumen kegiatan kesiswaan (kegiatan akademik maupun non akademik); dan
                                                                              2. data prestasi akademik maupun nonakademik.
                                                                                2.8Mengelola keuangan madrasah sesuai dengan prinsip pengelolaan yang akuntabel, transparan, dan efisien1Mampu merencanakan kebutuhan keuangan madrasah sesuai dengan rencana pengembangan madrasah, baik jangka pendek maupun jangka panjangDokumen RKJM dan RKT

                                                                                Studi dokumen:

                                                                                1. RKJM dan RKTM;
                                                                                2. laporan keuangan; dan
                                                                                3. buku kas.
                                                                                  2Mampu mengupayaan sumber – sumber keuangan terutama dari luar madrasah dan dari unit usaha madrasahDokumen RKJM dan RKTStudi dokumen RKJM dan RKTM.
                                                                                    3Mampu mengkoordinasikan pembelajaran keuangan sesuai dengan peraturan dan perundang – undangan berdasarkan asas prioritas dan efisiensi.Dokumen RKJM dan RKTStudi dokumen RKJM dan RKTM.
                                                                                      4Mampu membuat laporan dan evaluasi pengelolaan keuangan madrasah sesuai dengan prinsip efisien, tranparan, dan akuntabel.Dokumen RKJM dan RKT

                                                                                      Studi dokumen:

                                                                                      1. RKJM dan RKTM;
                                                                                      2. laporan keuangan; dan (3) buku kas.
                                                                                        2.9Mengelola ketatausahaan madrasah dalam mendukung pencapaian tujuan madrasah1Mampu mengelola administrasi surat masuk dan surat keluar sesuai dengan pedoman persuratan yang berlakuAdanya bukti dokumen surat masuk dan keluar

                                                                                        Melalui studi dokumen:

                                                                                        1. surat masuk dan keluar
                                                                                          2Mampu mengelola administrasi madrasah yang meliputi administrasi akademik, kesiswaan, sarana/prasarana, keuangan, dan hubungan madrasah dengan masyarakatAdanya bukti dokumen administrasi madrasah

                                                                                          Melalui studi dokumen:

                                                                                          1. administrasi madrasah (akademik, kesiswaan, sarana/prasaran, keuangan, dan hubungan madrasah dengan masyarakat)
                                                                                            3Mampu mengelola administrasi kearsipan madrasah baik arsip dinamis maupun arsip lainnyaAdanya bukti dokumen administrasi madrasah

                                                                                            Melalui studi Dokumen:

                                                                                            1. Administrasi madrasah
                                                                                              4Mampu mengelola administrasi akreditasi madrasah sesuai dengan prinsip – prinsip tersedianya dokumen pendukung dan bukti fisikAdanya bukti dokumen administrasi madrasah

                                                                                              Melalui studi Dokumen:

                                                                                              1. Administrasi pemenuhan 8 SNP madrasah
                                                                                                2.10Melakukan monitoring, evaluasi, dan pelaporan pelaksanaan program kegiatan madrasah dengan prosedur yang tepat, serta merencanakan tindak lanjutnya.1Menyusun standar kinerja program pendidikan yang dapat diukur dan dinilaiDokumen SKP yang terukur

                                                                                                Melalui studi dokumen:

                                                                                                1. SKP yang terukur
                                                                                                  2Melakukan monitoring dan evaluasi kinerja program pendidikan dengan menggunakan teknik yang sesuaiDokumen pelaksanaan monitoring dan evaluasi yang sesuai

                                                                                                  Melalui studi dokumen:

                                                                                                  1. pelaksanaan monitoring dan evaluasi yang sesuai
                                                                                                    3Menyusun laporan sesuai dengan standar pelaporan monitoring dan evaluasiDokumen laporan pelaksanaan monitoring dan evaluasi

                                                                                                    Melalui studi dokumen:

                                                                                                    1. Laporan pelaksanaan monitoring dan evaluasi
                                                                                                      4Merumuskan program tindak lanjut berdasarkan hasil evaluasi pelaksanaan program sebelumnyaDokumen program tindak lanjut berdasarkan hasil monitring dan evaluasi

                                                                                                      Melalui studi dokumen:

                                                                                                      1. Program tindak lanjut berdasarkan hasil monitoring dan evaluasi
                                                                                                        3.1Menciptakan inovasi yang bermanfaat dan tepat bagi pengembangan madrasah1Memahami dan menghayati arti dan tujuan perubahan (inovasi) madrasah Adanya bukti perubahan madrasah yang lebih baik dari tahun ke tahun

                                                                                                        Melalui studi dokumen:

                                                                                                        1. program pengembangan kewirausahaan
                                                                                                          2Menggunakan metode, teknik dan proses perubahan madrasah Adanya bukti strategi dalam perubahan madrasah yang lebih baik

                                                                                                          Melalui obsevasi:

                                                                                                          1. pemanfaatan hasil inovasi dan kreatifitas;
                                                                                                          2. membudayakan hasil inovasi dan kreatifitas; dan
                                                                                                          3. pengembangan pembudayaan inovasi dan kreatifitas.
                                                                                                            3Menumbuhkan iklim yang mendorong kebebasan berfikir untuk menciptakan kreativitas dan inovasiAdanya bukti iklim yang mendorong kebebasan berpikir kreatif dan inovatif

                                                                                                            Melalui observasi dan studi dokumen:

                                                                                                            1. data Jenis usaha produktif yang dimiki; dan
                                                                                                            2. program pengeloaan dan pendayagunaan hasil usaha.
                                                                                                              4Mendorong warga madrasah untuk melakukan prakarsa/keberanian moral untuk melakukan hal-hal baruAdanya bukti warga madrasah yang memiliki keberanian utuk melakukan hal – hal baru

                                                                                                              Melalui observasi dan studi dokumen:

                                                                                                              1. data Jenis usaha produktif yang dimiki; dan
                                                                                                              2. program pengeloaan dan pendayagunaan hasil usaha.
                                                                                                                3.2Bekerja keras untuk mencapai keberhasilan madrasah sebagai organisasi pembelajaran yang efektif1Mampu bertindak kratif dan inovatif dalam melaksanakan pekerjaan melalui cara berfikir dan cara bertindakAdanya bukti kegiatan yang kratif dan inovatif dalam melaksanakan pekerjaan melalui cara berfikir dan cara bertindak

                                                                                                                Melalui observasi dan studi dokumen:

                                                                                                                1. RPP yang memuat rencana pembelajaran untuk menumbuhkan keterampilan berpikir dan bertindak kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif;
                                                                                                                2. hasil kerja dan karya siswa; dan
                                                                                                                3. foto foto aktifitas pembelajaran siswa siswa.
                                                                                                                1. hasil pembelajarn informatika merakit embedded system
                                                                                                                2. tempat sampah otomatis
                                                                                                                2Mampu memberdayakan potensi madrasah secara optimal kedalam berbagai kegiatan-kegiatan produktif yang menguntungkan madrasahAdanya bukti kegiatan pemberdayaann potensi madrasah secara optimal kedalam berbagai kegiatan-kegiatan produktif yang menguntungkan madrasah

                                                                                                                Melalui observasi, wawancara, dan studi dokumen:

                                                                                                                1. Rencana Pengembangan Madrasah (RPM) ;
                                                                                                                2. dokumen penanganan permasalahan/ kasus;
                                                                                                                3. dokumen hasil kegiatan sekolah;
                                                                                                                4. dokumen hasil kegiatan; dan
                                                                                                                5. pengembangan madrasah.
                                                                                                                  3Mampu membubuhkan jiwa kewirausahaan (kreatif, inovatif dan produktif) di kalangan warga madrasahAdanya bukti kegiatan yang membubuhkan jiwa kewirausahaan (kreatif, inovatif dan produktif) di kalangan warga madrasah

                                                                                                                  Melalui observasi, wawancara, dan studi dokumen:

                                                                                                                  1. Rencana Pengembangan Madrasah (RPM) ;
                                                                                                                  2. dokumen penanganan permasalahan/ kasus;
                                                                                                                  3. dokumen hasil kegiatan sekolah;
                                                                                                                  4. dokumen hasil kegiatan; dan
                                                                                                                  5. pengembangan madrasah.
                                                                                                                    4Mampu mencatat ide-ide baru, kemudian mengembangkannyaAdanya bukti kegiatan mencatat ide-ide baru, kemudian mengembangkannya

                                                                                                                    Melalui observasi, wawancara, dan studi dokumen:

                                                                                                                    1. Rencana Pengembangan Madrasah
                                                                                                                      3.3Memiliki motivasi yang kuat untuk sukses dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya sebagai pemimpin madrasah1Bersedia belajar dari orang lainAdanya bukti kemauan belajar dari orang lain

                                                                                                                      Melalui observasi, wawancara, dan studi dokumen:

                                                                                                                      1. forum komunikasi dengan lembaga pendidikan lain dan orang tua siswa per tingkat kelas/kelas/ angkatan; dan
                                                                                                                      2. foto foto kegiatan.
                                                                                                                        2Ingin selalu melakukan yang terbaikAdanya bukti keinginan selalu elakukan yang terbaik

                                                                                                                        Melalui observasi, wawancara, dan studi dokumen:

                                                                                                                        1. dokumen/foto Pelaksanaan kegiatan;
                                                                                                                        2. keikutsertaan dalam lomba lomba pembelajaran/ pendidikan maupun manajmen; dan
                                                                                                                        3. prestasi dalam lomba guru, tenaga kependidikan dan kepala madrasah.
                                                                                                                          3Menciptakan perubahan yang kuatAdanya bukti keinginan untuk melakkukan perubahan yang kuat

                                                                                                                          Melalui observasi, wawancara, dan studi dokumen:

                                                                                                                          1. program inovasi madrasah atau Rencana Pengenbanagan Madrasah (RPM); dan
                                                                                                                          2. laporan target yang sudah dicapai.
                                                                                                                            3.4Pantang menyerah dan selalu mencari solusi terbaik dalam menghadapi kendala yang dihadapi madrasah1Mampu melibatkan tokoh agama, masyarakat dan pemerintah dalam memecahkan masalah kelembagaanAdanya bukti kegiatan yang melibatkan tokoh agama, masyarakat dan pemerintah dalam memecahkan masalah kelembagaan

                                                                                                                            Melalui observasi, wawancara, dan studi dokumen:

                                                                                                                            1. MoU dengan pihak lain;
                                                                                                                            2. sister school; dan
                                                                                                                            3. kemitraan dengan sekolah lain
                                                                                                                              2Mampu bersikap obyektif/tidak memihak dalam mengatasi konflik internal madrasah Adanya bukti kagiatan yang menunjukkan sikap obyektif/tidak memihak dalam mengatasi konflik internal madrasah Dokumen kegiatan dan foto
                                                                                                                                3Mampu bersikap simpatik/tenggang rasa terhadap orang lainAdanya bukti sikap simpatik/tenggang rasa terhadap orang lainMelalui studi dokumen kegiatan dan foto
                                                                                                                                  3.5Memiliki naluri kewirausahaan dalam mengelola kegiatan produksi/jasa madrasah sebagai sumber pembelajaran peserta didik1Mampu merencanakan kegiatan produksi /jasa sesuai dengan potensi madrasahDokumen perencanaan kegiatan produksi sesuai potensi madrasah

                                                                                                                                  Melalui studi dokumen:

                                                                                                                                  1. laporan yang memuat pelaksanaan dan hasil Program Pengembangan Unit Produksi Kewirausahaan
                                                                                                                                    2Mampu membina kegiatan produksi /jasa sesuai dengan prinsip-prinsip pengelolaan yang profesional dan akuntabelAdanya dokumen pembinaan kegiatan produksi /jasa sesuai dengan prinsip-prinsip pengelolaan yang profesional dan akuntabel

                                                                                                                                    Melalui studi dokumen: 

                                                                                                                                    1. laporan memuat pelaksanaan dan hasil Program Pengembangan Unit Produksi Kewirausahaan
                                                                                                                                      3Mampu melaksanakan pengawasan kegiatan produksi/jasa dan menyusun laporanAdanya dokumen pelaksanakan pengawasan kegiatan produksi/jasa dan menyusun laporan

                                                                                                                                      Melalui wawancara dan studi dokumen:

                                                                                                                                      1. laporan hasil Evaluasi Program Pengembangan Kewirausahaan, yang memuat hasil evaluasi;
                                                                                                                                      2. Program Pengembangan Jiwa Kewirausahaan; dan
                                                                                                                                      3. Program Pengembangan Unit Produksi Kewirausahaan.
                                                                                                                                        4Mampu mengembangkan kegiatan produksi/jasa dan pemasarannyaAdanya dokumen pengembangan kegiatan produksi/jasa dan pemasarannya

                                                                                                                                        Melalui wawancara dan studi dokumen:

                                                                                                                                        1. laporan Hasil Evaluasi Program Pengembangan Kewirausahaan, yang memuat hasil evaluasi;
                                                                                                                                        2. Program Pengembangan Jiwa Kewirausahaan; dan
                                                                                                                                        3. Program Pengembangan Unit Produksi Kewirausahaan.
                                                                                                                                          4.1Menyusun program supervisi akademik dalam rangka peningkatan profesionalisme guru1Mengidentifikasi masalah yang guru hadapi dalam pelaksanaan pembelajaran.Terdapat rumusan masalah yang Kepala Madrasah peroleh dari pemantauan perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran.

                                                                                                                                          Melalui studi dokumen:

                                                                                                                                          1. program pengawasan pembelajaran/ supervisi pembelajaran;
                                                                                                                                          2. jadwal pelaksanaan supervisi; dan (3) SK tim supervisor.
                                                                                                                                            2Mampu merumuskan tujuan yang dilengkapi dengan target pencapaian yang terukur.Terdapat rumusan tujuan supervisi yang dilengkapi dengan target pencapaian yang terukur.

                                                                                                                                            Melalui studi dokumen:

                                                                                                                                            1. Program pengawasan pembelajaran/ supervisi pembelajaran; dan
                                                                                                                                            2. jadwal pelaksanaan supervisi.
                                                                                                                                              3Mampu mengembangkan instrumen supervisi.Instrumen yang digunakan relevan dengan target indikator pecapaian tujuan madrasah.

                                                                                                                                              Melalui studi dokumen:

                                                                                                                                              1. instrumen supervisi pembelajaran
                                                                                                                                                4.2Melaksanakan supervisi akademik terhadap guru dengan menggunakan pendekatan dan teknik supervisi yang tepat.1Mengadakan pertemuan awal untuk menjaring data rencana pembelajaran dan menetapkan fokus kegiatan supervisi.Terdapat data hasil pertemuan awal seperti; masalah, tujuan, fokus utama supervisi, dan instrumen yang disepakati

                                                                                                                                                Melalui Wawancara dan studi dokumen:

                                                                                                                                                1. program pengawasan pembelajaran/ supervisi pembelajaran
                                                                                                                                                  2Melaksanakan kegiatan pemantauan pembelajaran dan membuat catatan yang objektif dan selektif sebagai bahan pemecahan masalah supervisi.Dokumen hasil observasi pembelajaran, lengkap, objektif dan selektif serta relevan dengan masalah yang menjadi fokus supervisi.

                                                                                                                                                  Melalui Wawancara dan studi dokumen:

                                                                                                                                                  1. instrumen supervisi pembelajaran; dan
                                                                                                                                                  2. dokumen laporan hasil supervisi pembelajaran.
                                                                                                                                                    3Melakukan pertemuan refleksi, menganalisis catatan hasil observasi, dan menyimpulkan hasil observasiDokumen catatan pelaksanaan kegiatan, melaksanakan refleksi, himpunan data hasil superivisi, analisis data, penafsiran, penilaian keunggulan dan kelemahan, serta rekomendasi perbaikan.

                                                                                                                                                    Melalui wawancara dan studi dokumen:

                                                                                                                                                    1. analisis hasil supervisi pembelajaran
                                                                                                                                                      4Bersama guru menyusun rekomendasi tindaklanjut perbaikan dalam bentuk kegiatan analisis butir soal, remedial, dan pengayaan.Data tindak lanjut pelaksanaan supervisi penilaian, bukti analisis butir soal, kegiatan remedial dan pengayaan.

                                                                                                                                                      Melalui wawancara dan studi dokumen:

                                                                                                                                                      1. dokumen hasil analisis dan tindak lanjut supervisi pembelajaran; dan
                                                                                                                                                      2. program kegiatan workshop/diklat untuk guru.
                                                                                                                                                        4.3Menilai dan menindaklanjuti kegiatan supervisi akademik dalam rangka peningkatan profesionalisme guru.1Memfasilitasi guru dalam merencanakan tindak lanjut perbaikan sistem penilaian hasil belajar.Terdapat bukti tindak lanjut perbaikan sistem penilaian hasil belajar

                                                                                                                                                        Melalui Wawancara dan studi dokumen:

                                                                                                                                                        1. program pengawasan pembelajaran/ supervisi pembelajaran
                                                                                                                                                          2Mengecek ulang keterlaksanaan rekomendasi oleh gurudokumen rekomendasi perbaikan sistem penilaian hasil belajar secara berkala.

                                                                                                                                                          Melalui Wawancara dan studi dokumen:

                                                                                                                                                          1. instrumen supervisi pembelajaran; dan
                                                                                                                                                          2. dokumen laporan hasil supervisi pembelajaran.
                                                                                                                                                            3Melaksanakan pembinaan dan pengembangan guru sebagai tindaklanjut kegiatan supervisi.Terdapat bukti, berupa laporan tindak lanjut hasil supervisi sebagai dasar pelaksanaan pembinaan guru.

                                                                                                                                                            Melalui wawancara dan studi dokumen:

                                                                                                                                                            1. analisis hasil supervisi pembelajaran
                                                                                                                                                              4Menggunakan data hasil supervisi untuk pemetaan ketercapaian progam sebagai dasar perbaikan siklus berikutnya..Hasil supervisi keterlaksanaan dan ketercapaian program sebagai bahan penilaian kinerja dan pemetaan profil madrasah sebagai dasar perencanaan siklus berikutnya.

                                                                                                                                                              Melalui wawancara dan studi dokumen:

                                                                                                                                                              1. dokumen hasil analisis dan tindak lanjut supervisi pembelajaran; dan
                                                                                                                                                              2. program kegiatan workshop/diklat untuk guru.
                                                                                                                                                                5.1Prestasi peserta didik1Prestasi akademik peserta didikTerdapat prestai akademik peserta didik pada berbagai tingkat

                                                                                                                                                                Melalui studi piagam dan piala prestasi akademik

                                                                                                                                                                  2Prestasi non akademik peserta didikTerdapat prestai non akademik peserta didik pada berbagai tingkat Melalui studi piagam dan piala prestasi non akademik
                                                                                                                                                                    5.2Prestasi Pendidik dan Tenaga Kependidikan1Prestasi akademik pendidik dan tenaga kependidikanTerdapat prestai akademik pendidik dan tenaga kependidikan pada berbagai tingkat Melalui studi piagam dan piala prestasi akademik pendidik dan tenaga kependidikan
                                                                                                                                                                      2Prestasi non akademik pendidik dan tenaga kependidikanTerdapat prestai non akademik pendidik dan tenaga kependidikan pada berbagai tingkat Melalui studi piagam dan piala prestasi non akademik pendidik dan tenaga kependidikan
                                                                                                                                                                        5.3Prestasi Madrasah1Kelebihan prestasi akademik dari madrasah/sekolah lainnyaTerdapat bukti keunggulam prestasi akademik madrasahMelalui studi piagam, piala, dan laporan kegiatan lomba akademik yang diikuti
                                                                                                                                                                          2Kelebihan prestasi non akademik dari madrasah/sekolah lainnyaTerdapat bukti keunggulam prestasi non akademik madrasahMelalui studi piagam, piala, dan laporan kegiatan lomba non akademik yang diikuti
                                                                                                                                                                            5.4Prestasi Kepala Madrasah1Ijazah yang dimiliki kepala madrasahTerdapat bukti ijazah kepala madrasahBukti dokumen ijazah kepala madrasah
                                                                                                                                                                              2Pendidikan dan pelatihan yang pernah diikuti oleh kepala madrasahTerdapat bukti keikutsertaan dalam diklatBukti dokumen sertifikat diklat
                                                                                                                                                                                3Penguasaan ICT kepala madrasahTerdapat bukti penguasaan ICTPraktik penggunaan ICT
                                                                                                                                                                                  4Prestasi yang diraih oleh kepala madrasahTerdapat bukti prestasi kepala madrasahBukti piagam, medali, piala
                                                                                                                                                                                    5Kegiatan penelitian kependidikan yang telah dilakukan oleh kepala madrasahTerdapat bukti karya penelitian kependidikanBukti karya ilmiah hasil penelitian bidang pendidikan
                                                                                                                                                                                    1. Bukti karya ilmiah hasil penelitian bidang pendidikan
                                                                                                                                                                                    6Kegiatan pelibatan komite dalam mendukung program madrasahTerdapat bukti pelibatan komite madrasah dalam mendukung program madrasahBukti dokumen program kegiatan, laporan rapat-rapat dengan komite madrasah
                                                                                                                                                                                      7Kegiatan kemitraan dengan stakeholder pendidikan dalam meningkatkan kompetensi guru madrasah.Terdapat bukti kerjasama kemitraan untuk peningkatan kompetensi guru madrasahBukti dokumen program kegiatan, perjanjian kerjasama kemitraan