PENILAIAN KINERJA KEPALA MADRASAH

NomorTUGAS UTAMA/UNSUR TUGAS UTAMANO INDIKATOR KERJADATA KINERJA YANG DIHARAPKANBUKTI OTENTIK KUALITAS KINERJA*
2025.1.1Mengembangkan madrasah sesuai dengan kebutuhan1Mampu menggembangkan struktur organisasi yang sesuai dengan kebutuhan programDokumen struktur madrasah
  1. dokumen bagan/struktur organisasi;
  2. notulen rapat yang berisi keputusan tentang penyusunan struktur organisasi;
  3. dokumen sosialisasi dan
  4. Daftar Hadir
  1. 1.1.1. Dokumen Struktur Madrasah
  2. 1.1.2. Dokumen Uraian Tugas Personalian di Madrasah
  3. 1.1.3. Pedoman dan Prosedur Kerja Organisasi Madrasah
2Mampu menempatkan personalia yang sesuai dengan kebutuhanDokumen uraian tugas personalia di madrasah
  1. dokumen penetapan/pengesahan susunan organisasi madrsahah;
  2. rincian tugas setiap personil pada struktur organisasi madrasah;
  3. SOP Personalia; dan
  4. Sertifikat
    3Mampu mengembangkan pedoman dan prosedur kerja organisasi madrasahPedoman dan prosedur kerja organisasi madrasahMelalui obsevasi dokumen:
    1. SOP madrasah
    1. SOP PELANANAN BELAJA SISWA INKLUSI, MUNTAFIYAH
    2. SOP PELAYANAN BAGI PENYANDANG DISABILITAS, MUNATAFIYAH
    3. SOP Pelayanan Perpustakaan 2025
    2025.1.2Mengelola perubahan dan pengembangan madrasah menuju organisasi pembelajar yang efektif.1Mampu mengembangkan program baru untuk meningkatkan pencapaian target yang lebih tinggi.Program pengembangan madrasah mengandung target pencapaian pada indikator keunggulan khas satuan pendidikan, kerja sama tim, dan data realisasi target yang meningkat daripada pencapaian sebelumnya.

    Melalui studi dokumen:

    1. visi dan Misi madrasah;
    2. data prestasi madrasah;
    3. data hasil UN 3 tahun terahir;
    4. Data Alumni
    1. 1. VISI DAN MISI
    2. 3. Nilai UM 3 Tahun 2023, 2024 dan 2025
    3. Daftar Prestasi 2025
    4. Data Alumni
    5. Hasil AN 2023
    6. Hasil AN 2024
    7. Hasil AN 2025
    8. Visi dan Misi Madrasah
    2Mampu dan terampil dalam membangun tim kerja yang efektif untuk mendapatkan produk kinerja yang lebih unggul.Terdapat struktur organisasi yang dilengkapi dengan distribusi dan deskripsi pembagian tugas

    Melalui observasi dan studi dokumen:

    1. bagan/struktur organisasi;
    2. SK;
    3. tugas dan fungsi;
    4. Terbentuknya KKG/MGMP;
    5. Program KKG/MGMP; dan
    6. Laporan kegiatan KKG/MGMP
    1. 1. Bagan & Struktur Organisasi TA 2025-2026
    2. 2. SK Pembagian TUgas 2025/2026
    3. 4. SK Pengurus MGMP Bahasa Inggris MA Kab. Semarang
    4. 4. SK Pengurus MGMP SMA/MA Kabupaten Semarang
    3Mampu menerapkan berbagai teknik pembaharuan dalam pengelolaan pembelajaranTerdapat penerapan strategi pembaharuan dengan strategi yang terprogram

    Melalui studi dokumen:

    1. KTSP;
    2. kalender pendidikan;
    3. perangkat pembelajaran;
    4. penilaian; DAN
    5. peraturan akademik
    1. 4. Program Penilaian PHT, ASAS, ASAT dan UM
    2. Kaldik TA 2025-2026
    3. KOM (KTSP) dan Lampiran TA 2025-2026
    4. Peraturan Akademik
    5. SK Pembagian tugas 2025-2026 gasal
    4Mampu mengembangkan potensi dan meningkatkan prestasi madrasahDokumen bukti perkembangan. potensi dan prestasi peserta didik, yang meningkat dari waktu ke waktu.Melalui studi dokumen: (1) data prestasi madrasah 1 tahun terahir; (2) data hasil UN 1 tahun terahir; (3) Dokumen Akreditasi; dan (4) Program Ekstrakurikuler
    1. Daftar Prestasi 2025
    2. Hasil AN tahun 2025
    3. PROGRAM EKSTRAKURIKULER SENI MUSIK BAND_Nur Rokhman
    4. Program kerja ekstrakurikuler bulu tangkis
    5. Program Kerja Ekstrakurikuler English Club
    6. Program kerja ekstrakurikuler pramuka
    7. Program kerja ekstrakurikuler thafidz
    8. Program kerja ekstrakurikuler voli
    9. Sertifikat Akreditasi
    10. SK Pemenang OMI tingkat Kab. Semarang
    11. SK Pengumuman Finalis OSK Tahun 2025
    2025.1.3Mengelola hubungan antara madrasah dan masyarakat dalam rangka pencarian dukungan ide, sumber belajar, dan pembiayaan.1Merencanakan kerjasama dengan lembaga pemerintah, swasta dan masyarakatData kerjasama dengan lembaga pemerintah, swasta, dan masyarakatMelalui studi dokumen: (1) SK komite madasah; (2) AD/ART komite madrasah; (3) program kerja komite madrasah; (4) laporan kegiatan komite madrasah; dan (5) dokumen tertulis kerja sama (MUO).
    1. (1) SK komite madasah
    2. (2) AD/ART komite madrasah
    3. (3) program kerja komite madrasah
    4. 4) laporan kegiatan komite madrasah
    5. 5) dokumen tertulis kerja sama (MUO).
    2Melakukan pendekatan-pendekatan dalam rangka mendapatkan dukungan dari lembaga pemerintah, swasta dan masyarakatDokumen pragram kerjasama dengan pemerintah, swasta, dan masyarakatMelalui studi dokumen: (1) Program kegiatan kerja sama; (2) Foto kegiatan; (3) Jadwal Kegiatan; dan (4) Sk Penanggung Jawab program.
    1. (2) Foto kegiatan
    2. (3) Jadwal Kegiatan;
    3. 1) Program kegiatan kerja sama;
    4. 4) Sk Penanggung Jawab program.
    3Memanfaatkan dan memelihara hubungan kerjasama dengan lembaga pemerintah, swasta dan masyarakatData hasil kerjasama dengan lembega pemerintah, swasta, dan masyarakatMelalui studi dokumen: Laporan kegiatan kerja sama
    1. Laporan kegiatan kerja sama
    2025.1.4Mengelola proses pencapaian 8 SNP sesuai dengan arah dan tujuan Pendidikan nasional1Mengaplikasikan pengembangan kurikulum yang mengacu kepada standar isi Dokumen analisis SNP dalam hal standar iniMelalui studi dokumen: (1) KTSP; (2) kalender pendidikan; (3) perangkat pembelajaran; (4) penilaian; (5) peraturan akademik; dan (6) Buku Kerja Guru.
    1. 1. KTSP (KOM) dan lampiran 2025-2026
    2. 2. Kalender pendidikan
    3. 3. Perangkat pembelajaran M Aditia
    4. 3. perangkat pembelajaran Supriyanto
    5. 3. Perangkat Pembelajaran Yudi Sahrul Sidik
    6. 4. Penilaian Mapel Informatika oleh Selamet Hanafi
    7. 5. Peraturan Akademik
    8. 6. Buku Kerja _ Febriana Wulan Suci
    9. 6. Buku Kerja Chusnunnia
    10. 6. Buku Kerja Dra. Mahmudah Rahmawati
    11. 6. BUKU KERJA FITHROTIL KAMILIYA
    12. 6. Buku Kerja Guru a.n. Selamet Hanafi
    13. 6. Buku Kerja Hestina Endriani
    14. 6. Buku Kerja Khaesti Dini Habibah Sejarah
    15. 6. Buku Kerja Kurmer KBC_Yuliati Khasanah
    16. 6. Buku Kerja Kurtilas Yuliati Khasanah
    17. 6. Buku Kerja Laela Wihdatul Arifah3
    18. 6. BUKU KERJA LILIK
    19. 6. Buku kerja Munjiyati
    20. 6. Buku Kerja Ninik Fitriyani
    21. 6. Buku Kerja Noviati Jamilah
    22. 6. Buku Kerja Nur Azizah
    23. 6. Buku Kerja Nurul Qomariyah
    24. 6. Buku Kerja Prayudi Kurnianto
    25. 6. Buku Kerja Raudhatul Munawaroh
    26. 6. Buku Kerja Ulil Albab
    27. 6. Buku kerja Umi Farida
    28. 6. BUKU KERJA_Fathiyatul Mubayinah
    29. 6. Buku Kerja_Muntafiyah
    30. 6. BUKU KERJA_NUR ROKHMAN_SOSIOLOGI
    31. Buku Kerja 2025 Annajih
    32. Buku Kerja Ghaniyya Wafda
    33. Buku Kerja Isma Kurniawan
    34. BUKU KERJA MUHAMAD ULIN NUHA
    35. Buku Kerja Ninik Fitriyani
    36. Buku Kerja Nur Faizah
    37. Buku Kerja_Mayang Hema Malina
    38. Buku Kerja_PUJI AS'ARI
    2Mengaplikasikan pengembangan proses pembelajaran yang mengacu kepada standar proses Dokumen analisis SNP dalam hal standar prosesMelalui studi dokumen: (1) dokumen pengembangan silabus; (2) RPP; (3) RPE; (4) buku teks; (5) jurnal mengajar guru; dan (6) data siswa.
    1. 1. dokumen pengembangan silabus Umi Farida
    2. 1. Pengembangan Silabus_Yuliati Khasanah
    3. 2 (RPP) Bahasa Indonesia Kelas XII
    4. 2 RPP_Noviati Jamilah
    5. 2. Modul Dra. Mahmudah Rahmawati
    6. 2. RPP Ekonomi Nurul Qomariyah
    7. 2. RPP Febriana Wulan Suci
    8. 2. RPP Fithrotil kamiliya
    9. 2. RPP Hestina Endriani
    10. 2. RPP KBC
    11. 2. RPP KBC Bahasa Jawa Yudi Sahrul Sidik
    12. 2. RPP KBC SKI LILIK
    13. 2. RPP KBC_BIOLOGI_YULIATI KHASANAH
    14. 2. RPP Prayudi Kurnianto
    15. 2. RPP Raudhatul Munawaroh
    16. 2. RPP Sejarah Kelas XI Khaesti Dini Habibah
    17. 2. RPP Selamet Hanafi
    18. 2. RPP Supriyanto
    19. 2. RPP_NUR ROKHMAN
    20. 3. RPE (Rencana Pekan Efektif)
    21. 3. RPE SKI LILIK
    22. 5. Jurnal mengajar Fithrotil K
    23. 5. Jurnal Mengajar Guru
    24. 5. Jurnal mengajar guru
    25. 5. Jurnal mengajar guru a.n. Selamet Hanafi
    26. 5. Jurnal mengajar Nurul Qomariyah
    27. 5. Jurnal Mengajar Raudhatul Munawaroh
    28. 5. JURNAL MENGAJARAR BIOLOGI_YULIATI KHASANAH
    29. 5. Jurnal Pelajaran Bahasa Indonesia Febriana Wulan Suci
    30. 5. Jurnal Pembelajaran Dra. Mahmudah Rahmawati
    31. 5. Jurnal Pembelajaran Sejarah Khaesti Dini Habibah
    32. 5. JURNAL PEMBELAJARAN SKI LILIK
    33. 5. jurnal pembelajaran Sosiologi_Nur Rokhman
    34. 5. Jurnal Pembelajaran_Noviati Jamilah
    35. 6. Data siswa Tahun ajaran 2024_2025
    36. 6. Data siswa Tahun ajaran 2025_2026
    37. JURNAL Fathiya
    38. Jurnal Pembelajaran Chusnunnia
    39. Jurnal Pembelajaran Matematika Ninik Fitriyani
    40. Modul Ajar_PUJI AS'ARI
    41. Modul Akidah Akhlak Nur Fathonah
    42. RPE Fathiya
    43. RPP 2025 Qur'an Hadits Nashif 'Ubbadah
    44. RPP Annajih
    45. RPP Chusnunnia
    46. RPP Fathiya
    47. RPP Matematika Ninik Fitriyani
    48. RPP_Mayang hema
    49. Struktur Kurikulum
    3mengaplikasikan sistem penilaian pembelajaran yang mengacu kepada standar penilaian Dokumen analisis SNP dalam hal standar penilaianMelalui studi dokumen: (1) instrumen penilaian; (2) kisi-kisi soal; (3) kumpulan nakah soal; (4) analisis butir soal; (5) dokumen analisis hasil belajar siswa; (6) laporan hasil belajar siswa; (7) tindak lanjut hasil penilaian; (8) dokumen pelaksanaan PAS; dan (9) dokumen pelaksanaan PAT.
    1. 1. instrumen penilaian informatika kelas XII
    2. 1. Instrumen penilaian QH Fithrotil K
    3. 1. Instrumen penilaian Sejarah Khaesti Dini Habibah
    4. 2. kisi kisi Informatika XII Selamet Hanafi
    5. 2. Kisi kisi soal PHT Prayudi Kurnianto
    6. 2. kisi soal sosiologi_Nur Rokhman
    7. 2. Kisi-kisi Bahasa Indonesia Febriana W S
    8. 2. Kisi-Kisi Soal Ekonomi Nurul
    9. 2. kisi-kisi soal QH fithrotil k
    10. 3. kumpulan naskah soal Informatika XII Selamet Hanafi
    11. 3. Kumpulan naskah soal Sejarah Khaesti Dini Habibah
    12. 3. Naskah soal Prayudi Kurnianto
    13. 3. soal Sosiologi_Nur Rokhman
    14. 4. Analisis Butir Soal Ekonomi Nurul
    15. 4. analisis butir soal informatika Selamet Hanafi
    16. 4. Analisis butir soal Sejarah Khaesti Dini Habibah
    17. 4. analisis butir soal sosiologi_Nur Rokhman
    18. 4.Analisis butir soal QH Fithrotil k
    19. 5. Dokumen analisis hasil belajar QH Fithrotil K
    20. 5. Dokumen analisis hasil belajar siswa Khaesti Dini Habibah
    21. 5. dokumen analisis hasil belajar siswa Selamet Hanafi
    22. 6 laporan hasil belajar siswa Selamet Hanafi
    23. 6. Laporan hasil belajar QH Fithrotil K
    24. 7 tindak lanjut hasil penilaian, Selamet Hanafi
    25. 7. Tindak lanjut hasil penilaian QH Fithrotil K
    26. 8. Dokumen PAS (ASAS) 2024-2025
    27. 9. Dokumen PAT (ASAT) 2024-2025
    28. Analisis Butir Soal Hestina Endriani
    29. Dokumen PHT
    30. Dokumen Ujian Madrasah 2025
    31. INSTRUMEN PENILAIAN LILIK
    32. Instrumen penilaian matematika NInik Fitriyani
    33. Instrumen penilaian Munjiyati
    34. Instrumen Penilaian_Noviati Jamilah
    35. Kisi kisi soal Matematika Ninik Fitriyani
    36. Kumpulan naskah soal Ninik Fitriyani
    4Melaksanakan penjaminan mutu pencapaian standar kompetensi lulusan Dokumen analisis SNP dalam hal standar kompetensi lulusanMelalui studi dokumen: (1) dokumen program kegiatan kesiswaan; (2) laporan kegiatan kesiswaan; (3) dokumentasi kegiatan kesiswaan; (4) laporan kegiatan pembiasaan siswa; (5) dokumen kegiatan literasi; (6) data rata-rata hasil ujian 2 tahun terahir; (7) data prestasi akademik 2 tahun terahir; dan (8) data prestasi non akademik 2 tahun terahir.
    1. 1. dokumen program kegiatan kesiswaan
    2. 1.4.4.6 Nilai Ujian Madrasah 2 tahun
    3. 2. dan 3. laporan dan dokumentasi kegiatan kesiswaan
    4. 4. Laporan Kegiatan Pembiasaan Murid
    5. 5. Dokumen kegiatan literasi
    6. 7 dan 8 Data prestasi akademik dan non akademik tahun 2024
    7. 7 dan 8 Data prestasi akademik dan non akademik tahun 2025
    2025.1.5Mengelola unit layanan khusus madrasah dalam mendukung kegiatan pembelajaran dan kegiatan peserta didik di madrasah.1Mampu mengelola laboratorium madrasah agar dapat dimanfaatkan secara optimal untuk kepentingan pembelajaran peerta didikAdanya bukti pemanfaatan laboratorium dalam pembelajaran, jadwal, kegiatan, dllObservasi dan studi dokumen: (1) luas memenuhi sesuai standar; (2) sarana pendukung lab; (3) jurnal laboratorium; dan (4) Program Pengembangan Sarpras.
    1. 1,2,3,4 lab. kimia
    2. 2. Daftar Inventaris Lab Bahasa
    3. 3. Jurnal Lab Bahasa
    4. 3. jurnal laboratorium komputer
    5. PROGRAM KERJA LAB BIOLOGI (STOK, INVENTARIS, JADWAL PEMAKAIAN, JURNAL)
    2Mamapu mengelola perpustakaan madrasah dalam menyiiapkan sumber belajar yang diperlukan oleh peserta didikAdanya bukti pemanfaatan lperpustakaan dalam pembelajaran, jadwal, kegiatan, dllObservasi dan studi dokumen: (1) luas memenuhi sesuai standar; (2) sarana pendukung; (2) daftar buku induk perpustakaan; dan (2) laporan/statistic pengelolaan perpustakaan.
    1. 1. Luas Gedung perpustakaan
    2. 2. Sarana Pendukung Perpustakaan
    3. 3. Buku Induk Perpustakaan
    4. 4. Laporan Pengelolaan Perpustakaan
    5. Foto pemanfaatan perpustakaan dalam pembelajaran
    6. Jadwal wajib kunjung perpustakaan 25_26
    7. Program perpustakaan 25-26
    3Mampu mengelola usaha madrasah untuk pembeljaran pesera didik dan pemasukan tambahan dana bagi madrasahAdanya bukti kegiatan usaha madrasah dalam pembelajaran.Melalui studi dokumen: data/laporan kegiatan usaha madrasah
    1. 1.5.3. kegiatan bazar
    4Mampu mengella koperasi madrasah baik sebagai media praktik maupun sebagai sumber belajar bagi peserta didikAdanya bukti pemanfaatan koperasi dalam pembelajaran, jadwal, kegiatan, dllObservasi dan studi dokumen: (1) instrumen hasil praktek pembelajaran; dan (2) foto kegiatan praktik
      2025.1.6Mengelola sistem informasi madrasah dalam mendukung penyusunan program dan pengambilan keputusan.1Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam manajemen madrasahAdanya bukti pemanfaatan teknologi indformasi dan komunikasi dalam manajemen madrasahObservasi, studi dokumen dan wawancara: (1) fasilitas teknologi dan informasi; dan (2) sumber daya informasi
      1. fasilitas teknologi dan informasi
      2. sumber daya informasi
      2Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran, baik sebagai sumber belajar maupun sebagai alat/media pembelajaranAdanya bukti pemanfaatan teknologi indformasi dan komunikasi sebagai sumber belajar dan media pembelajaranObservasi lingkungan madrasah dan wawancara: (1) ketersediaan komputer; (2) jaringan internet; (3) website madrasah; (4) alamat email madrasah; dan (5) pemanfaatn TIK untuk pembelajaran.
      1. 3. website madrasah
      2. 4. alamat email madrasah
      3. 5. Pemanfaatan TIK untuk pembelajaran Sejarah
      4. 5.a. Rapor Digital Madrasah
      5. 5.b. sistem pengelolaan perpustakaan
      6. 5.c. platform siswa mandiri belajar
      7. 5.d. penilaian / asesmen berbasis komputer
      8. 5.e. Layanan Whatsapp interaktif
      3Memanfaatkan teknologi teknologi informasi dan komunikasi dalam menjalin kerjasama dengan pihak lainAdanya bukti pemanfaatan teknologi indformasi dan komunikasi dalam menjalin kerjasama dengan pihak lainObservasi lingkungan madrasah, wawancara dan studi dokumen: (1) pengelolaan SIM; (2) fasilitas SIM; (3) surat tugas pengelola SIM; dan (4) pelaporan data dan informasi.
      1. fasilitas SIM
      2. pelaporan data dan informasi
      3. pengelolaan SIM
      4. surat tugas pengelola SIM
      4Memanfaatkan teknologi teknologi informasi dan komunikasi dalam promosi program madrasah dan prestasi yang telah dicapaiAdanya bukti pemanfaatan teknologi indformasi dan komunikasi dalam promosi program madrasah dan prestasi yang dicapaiObservasi lingkungan madrasah, wawancara dan studi dokumen: (1) pengelolaan SIM; (2) fasilitas SIM; (3) surat tugas pengelola SIM; dan (4) pelaporan data dan informasi.
      1. fasilitas SIM
      2. pelaporan data dan informasi
      3. pengelolaan SIM
      4. surat tugas pengelola SIM
      2025.1.7Memanfaatkan kemajuan teknologi informasi bagi peningkatan pembelajaran dan manajemen madrasah1Mampu mengembangkan sistem administrasi pengelolaan secara efektif dengan dukungan penerapan teknologi informasi dan komunikasi.Terdapat penerapan TIK (berbasis komputer, CD, jejaring intranet, internet) dalam pengelolaan administrasi administrasi persuratan, sarana prasarana, kepegawaian, kepeserta didikan, dan keuangan.Observasi lingkungan madrasah dan wawancara: (1) jumlah komputer dan LCD yang cukup; (2) memiliki jaringan internet; (3) memiliki web sekolah; (4) memiliki e-mail madrasah; dan (5) Memanfaatkan TIK untuk adminitrasi madrasah.
      1. Memanfaatkan TIK untuk adminitrasi madrasah.
      2. memiliki e-mail madrasah
      3. memiliki jaringan internet
      4. memiliki komputer dan LCD yang cukup
      5. memiliki web sekolah
      2Mengelola adminsistasi pembelajaran secara efektif dengan dukungan penerapan teknologi informasi dan komunikasi.Model penerapan TIK dalam pengelolaan adminsitrasi kurikulum dan pembelajaran, misalnya, pengelolaan kurikulum berbasis komputer, intranet, dan internet.Observasi lingkungan madrasah dan wawancara: (1) jumlah kompute dan LCD yang cukup; (2) memiliki jaringan internet; dan (3) memanfaatkan TIK untuk pembelajaran.
      1. Memanfaatkan TIK untuk pembelajaran
      2. memiliki jaringan internet
      3. memiliki komputer dan LCD yang cukup
      3Mampu mengembangkan sistem pengelolaan perpustakaan secara efektif dengan dukungan penerapan teknologi informasi dan komunikasi. Model pemanfaatan TIK dalam sistem pengelolaan perpustakaan berbasis komputer, intranet, atau internet.Observasi dan studi dokumen: (1) katalog digital; (2) BSE; (3) akses internet; (4) komputer; dan (5) dokumen aplikasi layanan perpustakaan.
      1. Akses internet
      2. BSE
      3. Dokumen aplikasi layanan perpustakaan
      4. Katalog Digital
      5. Komputer
      2025.2.1Menyusun perencanaan madrasah untuk berbagai tingkatan perencanaan1Mampu mengembangkan RKJM, RKT/RKAM dengan program lainnya berdasarkan data hasil evaluasi dalam pemenuhan 8 SNPDokumen RKJM, RKT/RKAM yang meliputi 8 SNP, Melalui studi dokumen: (1) Dokumen Evaluasi Diri Madrasah EDM); dan (2) Dokumen RKJM dan RKT berbasis EDM
      1. 2. DOKUMEN EDM
      2. 2. DOKUMEN RKJM DAN RKTM
      3. 2.1.1.RKAM
      4. Dokumen Visi MIsi
      5. RKAM
      2Mampu merumuskan visi-misi sebagai arah pengembangan program RKJM, RKT/RKAS dan program lainnya.Visi-misi madrasah merupakan rumusan hasil keputusan bersama.Melalui studi dokumen: (1) visi, misi yang telah ditetapkan oleh Kamad; dan (2) berita acara dan daftar hadir kegiatan perumusan/ peninjauan kembali dan penetapan visi dan misi.
      1. Visi, Misi
      3Mampu menentukan strategi pencapaian tujuan madrasah, dilengkapi dengan indikator pencapaian yang terukurDokumen program yang memuat strategi pencapaian tujuan madrasahMelalui studi dokumen: (1) program kerja; dan (2) RKJM dan RKTM
      1. 2.1.3 RKAM/RKJM
      2. 2.1.4. RKAM/RKJM
      3. Dokumen RKJM dan RKTM
      4Mampu menyusun program dengan rencana evaluasi keterlaksanaan dan pencapaian programDokumen rencana evaluasi keterlaksanaan dan pencapaian program.Melalui studi dokumen: RKJM dan RKTM
      1. Dokumen RKJM dan RKTM
      2025.2.2Memimpin madrasah dalam rangka pendayagunaan sumber daya madrasah secara optimal1Mampu meberi contoh berdisiplin; hadir tepat waktu, disiplin menggunakan waktu, dan tepat waktu mengakhiri pekerjaan.Dokumen daftar hadir semua kegiatan madrasah Observasi, wawancara dan studi dokumen: (1) finggerprint kehadiran kamad; dan (2) daftar hadir pada kegiatan di madrasah
      1. 2.2.1 giat kamad
      2Mampu melaksanakan peraturan sesuai dengan ketentuan yang berlakuMenjadi contoh dan mengarahkan guru, staf administrasi, dan peserta didik melaksanakan kegiatan sesuai dengan peraturan.Wawancara dengan warga madrasah
      1. 2.2 dokumentasi giat kamad
      3Mampu menunjukkan keteladanan dalam memanfaatkan sumber daya secara efektif dan efisien.Memecahkan masalah madrasah secara bersama-sama, merencankan pemanfaatan sumber belajar dan sumber informasi, memantau penggunaan sumber daya, dan menilai pemanfaatan sumber dayaWawancara dengan warga madrasah
      1. 2.2 dokumentasi giat kamad
      4Mampu menunjukkan kedisiplinan sebagai insan pembelajar.Rajin membaca dan pendengar yang baik, mengekspresikan pikiran secara tertulis, mengkomunikasikan ilmu pengetahuan baru, dan menyediakan berbagai media untuk mengembangkan gagasan warga madrasah. Wawancara, observasi: (1) koleksi buku refrefensi/ ilmu pengetahuan; dan (2) karya tulis yang diterbitkan atau tidak
      1. 2.4.4 Daftar Buku
      2. 2.4.4 Daftar Buku 2024
      3. 2.4.4 PTM_Kamad
      2025.2.3Menciptakan budaya dan iklim madrasah yang kondusif dan inovatif bagi pembelajaran peserta didik.1Mampu menjadi contoh dan berbudaya mutu yang kompetitif dalam mendorong peningkatan prestasi akademik dan nonakademik peserta didikDokumen peningkatan KKM, target hasil ulangan, hasil UN dan target keunggulan nonakademik peserta didik yang terprogram, terlaksana, dan meningkat hasilnya Wawancara dan studi dokumen: (1) peningkatan KKM; (2) hasil UN; (3) program keunggulan dan inovasi baik akademik maupun non akademik; dan (4) data prestasi akademik dan non akademik.
      1. 2.3.1.1 Peningkatan KKM
      2. 2.3.1.2.Hasil ANBK tahun 2025
      3. 2.3.1.4.data perolehan prestasi 2025
      4. 2.3.1.4.dokumentasi perolehan prestasi 2025
      5. 2.6.4.2. program MBBT
      2Mampu melengkapi sarana dan prasarana untuk menciptakan suasana belajar kondusif dan inovatif bagi peserta didikSuasana lingkungan madrasah yang asri, bersih, rindang, aman, dan menyenangkan peserta didik Observasi lingkungan madrasah: suasana lingkungan yang asri, bersih, rindang, aman, dan menyenangkan peserta didik
      1. 2.3.2.1 FOTO KONDISI SEKOLAH
      3Mampu memfasilitasi kegiatan-kegiatan untuk meningkatkan budaya baca dan budaya tulis peserta didik.Data kunjungan perpustakaan, peminjaman buku oleh peserta didik, pembaharuan buku dan bahan bacaan, ketersediaan sumber belajar berbasis TIK, dan sarana publikasi karya tulis, dan mengembangkan kompetisi karya tulis peserta didik tingkat madrasah.Observasi, wawancara dan studi dokumen: (1) rencana dan laporan pelaksanaan kegiatan literasi; (2) dokumen kegiatan pengembangan budaya baca; dan (3) dokumen/ pajangan hasil karya tulis siswa.
      1. 2.3.3.1. program literasi
      2. 2.3.3.1.laporan bulan bahasa
      3. 2.3.3.1.proposal bulan bahasa
      4. 2.3.3.2.dokumentasi kegiatan literasi
      5. 2.3.3.3.dokumentasi karya siswa
      4Mampu memfasilitasi kegiatan-kegiatan lomba di bidang akademik dan nonakademik bagi peserta didikDokumen penyelenggaran kegiatan kompetisi yang dimulai dari tingkat madrasah, perolehan piagam penghargaan, piala, trofi perlombaan bidang akademik dan nonakademik.Observasi dan studi dokumen: (1) dokumen penyelenggaran kegiatan kompetisi yang dimulai dari tingkat madrasah; dan (2) daftar perolehan piagam, penghargaan, piala, trofi perlombaan disemua jenjang.
      1. 2.3.4.1.perolehan juara
      2. 2.3.4.2.dokumentasi kejuaraan
      2025.2.4Mengelola guru dan staf dalam rangka pendayagunaan sumber daya manusia secara optimal1Mampu menyusun perencanaan pengembangan pendidik dan tenaga kependidikanDokumen program pembinaan pendidik dan tenaga kependidikan di madrasahStudi dokumen dan wawancara: program kerja kepala madrasah
      1. 2.4.2 Program Kerja Kamad
      2Mampu melakukan pembinaan berkala untuk meningkatkan mutu SDM madrasahDokumen pelaksanaan kegiatan pembinaan guru.Studi dokumen dan wawancara: (1) buku/catatan pembinaan guru dan tendik (notulen dan daftar hadir rapat pembinaan); dan (2) laporan kinerja kepala madrasah.
      1. 2.4.2.2 Kinerja Kamad
      2. 2.4.2.Catatan Pembinaan Guru
      3Memfasilitasi guru dan staf administrasi untuk meningkatkan kegiatan pembinaan kompetensiData dukungan Kepala Madrasah dalam memfasilitasi staf administrasi untuk meningkatkan mutu profesi.Studi dokumen dan wawancara: (1) buku/catatan pembinaan guru dan tendik (notulen dan daftar hadir rapat pembinaan); dan (2) laporan kinerja kepala madrasah.
      1. 2..3.1
      4Memantau dan menilai penerapan hasil pelatihan dalam pekerjaan di madrasahDokumen program evaluasi pelatihan atau pengembangan profesi pendidik dan tenaga kependidikan Observasi dan studi dokumen: (1) program pelatihan pengembangan profesi guru dan tendik; dan (2) laporan pelaksanaan pelatihan pengembangan profesi guru dan tendik
      1. 2. Laporan pelaksanaan pelatihan pengembangan profesi guru Khaesti Dini Habibah
      2. 2. laporan pelaksanaan pelatihan pengembangan profesi guru Munjiyati
      3. 2. Laporan pelaksanaan pelatihan pengembangan profesi guru NQ
      4. 2. Laporan Pelaksanaan Pelatihan Pengembangan Profesi Guru_Yuliati Khasanah
      5. Laporan Kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Nur Rokhman
      6. Laporan Kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Umi Farida
      7. Laporan Pel. Lesson Study 25-29 Mei 2025_MUNTAFIYAH
      8. Laporan Pelatihan Metodologi Pembalajarn FATHIYA
      9. PKB_Febriana Wulan Suci
      10. PKB_Noviati Jamilah
      11. PKB_Raudhatul Munawaroh
      12. Sertifikat dan Laporan PKB lilik
      2025.2.5Mengelola sarana dan prasarana madrasah dalam rangka pendayagunaan secara optimal1Mampu mengelola fasilitas prasarana, perabot dan sarana madrasah (gedung, bangunan, dan lahan meja, kursi, lemari, peralatan kantor, dan alat kebersihan)Data fasilitas prasarana, perabot, dan sarana marasah dikelola dengan baikObservasi dan studi dokumen: (1) buku inventaris; dan (2) buku pemeliharaan sarana dan prasarana.
      1. 2. Pemeliharaan sarana dan prasarana
      2. 2. Pemeliharaan sarana dan prasarana
      2Mampu mengelola perpustakaan madrasahData perpustakaan dikelola dengan baikObservasi fisik dan studi dokumen: (1) buku induk perpustakaan; dan (2) buku/data/grafik layanan perpustakaan.
      1. Buku Induk Perpustakaan
      2. Laporan Pengelolaan Perpustakaan
      3Mampu mengelola laboratirium madrasahData laboratorium dikelola dengan baikObservasi fisik dan studi dokumen: (1) daftar infentaris laboratorium; dan (2) buku/jurnal/ data/grafik layanan Laboratorium
      1. 1. Daftar Inventaris lab Biologi, 2. Jurnal dan Grafik layanan Laboratorium
      2. 1. Lab. Kimia
      3. 2. Jurnal laboratorium
      4. Perangkat Lab Bahasa
      4Mampu mengelola fasilitas penunjang madrasah lainnya (bengkel, toko, koperasi, kebun dsb)Data fasilitas penunjangterkola dengan baikObservasi fisik,wawancara dan studi dokumen: data fasilitas penunjang wirausaha yang dikelola oleh madrasah
      1. Kewirausahaan Madrasah
      2025.2.6Mengelola peserta didik dalam rangka penerimaan peserta didik baru, dan penempatan dan pengembangan kapasitas peserta didik1Menyusun perencanaan penerimaan, pengelolaan dan pengembangan kompetensi peserta didik.Dokumen program penerimaan peserta didik baru, kriteria penerimaan peserta didik, data hasil analisis bekal ajar peserta didik awal, Studi dokumen: (1) dokumen program penerimaan peserta didik baru; (2) brosur; dan (3) data hasil analisis kemampuan peserta didik baru
      1. 2.6.1.2.brosur
      2. 2.6.1.3. Hasil Analisis pemetaan kemampuan siswa
      2Memiliki program pengembangan potensi diri dan prestasi peserta didik.Dokumen program pengembangan potensi diri dan prestasi peserta didik.Observasi dan studi dokumen: program pengembangan diri peserta didik.
      1. 2.6.2.1 DOKUMENTASI PEMBIASAAN BAIK
      2. 2.6.2.1. pembiasaan sholat berjamaah
      3. 2.6.2.1. pembiasaan sholat dhuha
      3Memfasilitasi kegiatan-kegiatan untuk meningkatkan pembiasaan melalui penanaman nilai-nilai.Data program kegiatan akademik dan nonakademik melalui penanaman nilai - nilai.Observasi lingkungan aktivitas siswa, wawancara dan studi dokumen: (1) program kegiatan akademik dan non akademik dan laporan pelaksanaannya; dan (2) dokumentasi kegiatan.
      1. 2.6.4.2. program kegiatan sekolah
      2. 2.a. dokumentasi kegiatan lomba PMR
      3. PROGRAM KEGIATAN MADRASAH
      4Memfasilitasi kegiatan pengembangan diri bagi peserta didik, pendidik, dan tenaga kependidikan lainnya secara optimalData keterlaksanaan program pengembangan diri peserta didik, pendidik, dan tenaga kependidikan Observasi lingkungan aktivitas siswa dan guru, wawancara dan studi dokumen: (1) program kegiatan pengembangan diri; (2) dokumentasi kegiatan; dan (3) data prestasi siswa, guru dan tendik.
      1. 2.6.4.2. Program Ekstra English Club
      2. 2.6.4.2. program ekstra pramuka
      3. 2.6.4.2. program ekstra voli
      2025.2.7Mengelola pengembangan kurikulum dan kegiatan pembelajaran sesuai dengan arah dan tujuan pendidikan nasional1Mampu mengarahkan secara efektif dalam menerapkan prinsip-prinsip pengengembangan KTSP dalam kegiatan IHT, Workshop, Rapat Koordinasi, dan kegiatan MGMP/KKG.Dokumen hasil pengembangan kurikulum yang disusun melalui rapat kerja, IHT, Workshop, Rakor, atau kegiatan MGMP/KKG Studi dokumen: (1) dokumen kurikulum yang berlaku; (2) SK tim pengembang kurikulum; dan (3) dokumen penyusunan dokumen kurikulum (daftar hadir, berita acara, notulen).
      1. 2.7.1.3 dokumen penyusunan dokumen kurikulum
      2. SK tim pengembang kurikulum
      3. SK tim penjamin mutu
      2Mampu mengendalikan pelaksanaan KTSP berlandaskan kalender pendidikan, menerbitkan surat keputusan pembagian tugas mengajar, dan menerapkan aturan akademik.Pelaksanaan KTSP sesuai dengan kalender pendidikan tingkat madrasah, surat keputusan pembagian tugas mengajar, dan aturan akademik,.Studi dokumen: (1) struktur kurikulum; (2) jadwal pelajaran; (3) daftar hadir guru; dan (4) peraturan akademik
      1. Kaldik TA 2025-2026
      2. Peraturan Akademik
      3. SK Pembagian tugas 2025-2026 gasal
      4. Struktur Kurikulum
      3Memfasilitasi efektivitas tim kerja guru dalam rangka meningkatkan mutu pembelajaran.Bukti pelaksanaan kerja sama guru pada tingkat satuan pendidikan, antar satuan pendidikan dalam meningkatkan mutu perencanaan, proses, pembelajaran Studi dokumen: (1) program KKG/MGMP di madrasah; dan (2) laporan pelaksanaan KKG/MGMP.
      1. 1. Program Kerja MGMP Bahasa Inggris
      2. 1. Program Kerja MGMP Sejarah
      3. 1. Program MGMP Matematika
      4. 2. Laporan Kegiatan MGMP Matematika
      5. 2. Laporan MGMP Bahasa Inggris
      6. 2. Laporan Pelaksanaan MGMP Sejarah
      4Mampu mengembangkan pelayanan belajar yang inovatif melalui pengembangan perangkat dan sumber belajar yang terbarukan.Bukti penggunaan metode hasil pelatihan paling akhir, memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi, penggunaan alat peraga, teknik evaluasi baru yang menghasilkan produk belajar peserta didik yang dipublikasikan di lingkungan madrasah atau media lainObservasi kelas, studi dokumen wawancara dengan siswa dan guru: menelaah ragam metode, media dan sumber belajar yang digunakan dalam RPP
      1. 2.7.4. smart tv
      2. Pemanfaatan smart TV untuk media pembelajaran
      5Memfasilitasi peserta didik dalam mengembangkan kolaborasi dan kompetisi bidang akademik dan nonakademikData kegiatan kolaborasi dan kompetisi peserta didik tingkat madrasah, baik akademik dan non akademik. Wawancara dan studi dokumen: (1) program, laporan dan dokumen kegiatan kesiswaan (kegiatan akademik maupun non akademik); dan (2) data prestasi akademik maupun nonakademik.
      1. 2.Data prestasi akademik dan non akademik
      2025.2.8Mengelola keuangan madrasah sesuai dengan prinsip pengelolaan yang akuntabel, transparan, dan efisien1Mampu merencanakan kebutuhan keuangan madrasah sesuai dengan rencana pengembangan madrasah, baik jangka pendek maupun jangka panjangDokumen RKJM dan RKTStudi dokumen: (1) RKJM dan RKTM; (2) laporan keuangan; dan (3) buku kas.
      1. 2.8.2. Laporan keuangan
      2. 2.8.3. Buku kas
      2Mampu mengupayaan sumber – sumber keuangan terutama dari luar madrasah dan dari unit usaha madrasahDokumen RKJM dan RKTStudi dokumen RKJM dan RKTM.
      1. 2.8.1 Laporan Keuangan
      2. 2.8.3.Buku Kas
      3Mampu mengkoordinasikan pembelajaran keuangan sesuai dengan peraturan dan perundang – undangan berdasarkan asas prioritas dan efisiensi.Dokumen RKJM dan RKTStudi dokumen RKJM dan RKTM.
      1. Dokumen RKJM dan RKTM
      4Mampu membuat laporan dan evaluasi pengelolaan keuangan madrasah sesuai dengan prinsip efisien, tranparan, dan akuntabel.Dokumen RKJM dan RKTStudi dokumen: (1) RKJM dan RKTM; (2) laporan keuangan; dan (3) buku kas.
      1. 2.8.4.1 RKJM
      2025.2.9Mengelola ketatausahaan madrasah dalam mendukung pencapaian tujuan madrasah1Mampu mengelola administrasi surat masuk dan surat keluar sesuai dengan pedoman persuratan yang berlakuAdanya bukti dokumen surat masuk dan keluarMelalui studi dokumen: surat masuk dan keluar
      1. 2.9.1. Surat Keluar Masuk
      2Mampu mengelola administrasi madrasah yang meliputi administrasi akademik, kesiswaan, sarana/prasarana, keuangan, dan hubungan madrasah dengan masyarakatAdanya bukti dokumen administrasi madrasahMelalui studi dokumen: administrasi madrasah (akademik, kesiswaan, sarana/prasaran, keuangan, dan hubungan madrasah dengan masyarakat)
      1. Data siswa kelas 10
      2. Data siswa kelas 11
      3. data siswa kelas 12
      3Mampu mengelola administrasi kearsipan madrasah baik arsip dinamis maupun arsip lainnyaAdanya bukti dokumen administrasi madrasahMelalui studi Dokumen: Administrasi madrasah
        4Mampu mengelola administrasi akreditasi madrasah sesuai dengan prinsip – prinsip tersedianya dokumen pendukung dan bukti fisikAdanya bukti dokumen administrasi madrasahMelalui studi Dokumen: Administrasi pemenuhan 8 SNP madrasah
          2025.2.10Melakukan monitoring, evaluasi, dan pelaporan pelaksanaan program kegiatan madrasah dengan prosedur yang tepat, serta merencanakan tindak lanjutnya.1Menyusun standar kinerja program pendidikan yang dapat diukur dan dinilaiDokumen SKP yang terukurMelalui studi dokumen: SKP yang terukur
            2Melakukan monitoring dan evaluasi kinerja program pendidikan dengan menggunakan teknik yang sesuaiDokumen pelaksanaan monitoring dan evaluasi yang sesuaiMelalui studi dokumen: pelaksanaan monitoring dan evaluasi yang sesuai
            1. 2.`10.2 Jadwal Pelaksanaan Supervisi
            2. 2.10.1 SK Tim Supervisi
            3. 2.10.2 Program Supervisi pembelajaran
            3Menyusun laporan sesuai dengan standar pelaporan monitoring dan evaluasiDokumen laporan pelaksanaan monitoring dan evaluasi Melalui studi dokumen: Laporan pelaksanaan monitoring dan evaluasi
            1. 2.10.3 Dokumen kegiatan supervisi oleh Kamad
            4Merumuskan program tindak lanjut berdasarkan hasil evaluasi pelaksanaan program sebelumnyaDokumen program tindak lanjut berdasarkan hasil monitring dan evaluasi Melalui studi dokumen: Program tindak lanjut berdasarkan hasil monitoring dan evaluasi
              2025.3.1Menciptakan inovasi yang bermanfaat dan tepat bagi pengembangan madrasah1Memahami dan menghayati arti dan tujuan perubahan (inovasi) madrasah Adanya bukti perubahan madrasah yang lebih baik dari tahun ke tahunMelalui studi dokumen: program pengembangan kewirausahaan
                2Menggunakan metode, teknik dan proses perubahan madrasah Adanya bukti strategi dalam perubahan madrasah yang lebih baikMelalui obsevasi: (1) pemanfaatan hasil inovasi dan kreatifitas; (2) membudayakan hasil inovasi dan kreatifitas; dan (3) pengembangan pembudayaan inovasi dan kreatifitas.
                  3Menumbuhkan iklim yang mendorong kebebasan berfikir untuk menciptakan kreativitas dan inovasiAdanya bukti iklim yang mendorong kebebasan berpikir kreatif dan inovatif Melalui observasi dan studi dokumen: (1) data Jenis usaha produktif yang dimiki; dan (2) program pengeloaan dan pendayagunaan hasil usaha.
                    4Mendorong warga madrasah untuk melakukan prakarsa/keberanian moral untuk melakukan hal-hal baruAdanya bukti warga madrasah yang memiliki keberanian utuk melakukan hal – hal baruMelalui observasi dan studi dokumen: (1) data Jenis usaha produktif yang dimiki; dan (2) program pengeloaan dan pendayagunaan hasil usaha.
                      2025.3.2Bekerja keras untuk mencapai keberhasilan madrasah sebagai organisasi pembelajaran yang efektif1Mampu bertindak kratif dan inovatif dalam melaksanakan pekerjaan melalui cara berfikir dan cara bertindakAdanya bukti kegiatan yang kratif dan inovatif dalam melaksanakan pekerjaan melalui cara berfikir dan cara bertindakMelalui observasi dan studi dokumen: (1) RPP yang memuat rencana pembelajaran untuk menumbuhkan keterampilan berpikir dan bertindak kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif; (2) hasil kerja dan karya siswa; dan (3) foto foto aktifitas pembelajaran siswa siswa.
                      1. 1. RPP PKWU
                      2. 2. Dokumentasi Karya Siswa
                      3. 3. Dokumentasi Pembelajaran PKWU
                      4. 3. Praktik merakit teks berjalan
                      2Mampu memberdayakan potensi madrasah secara optimal kedalam berbagai kegiatan-kegiatan produktif yang menguntungkan madrasahAdanya bukti kegiatan pemberdayaann potensi madrasah secara optimal kedalam berbagai kegiatan-kegiatan produktif yang menguntungkan madrasahMelalui observasi, wawancara, dan studi dokumen: (1) Rencana Pengembangan Madrasah (RPM) ; (2) dokumen penanganan permasalahan/ kasus; (3) dokumen hasil kegiatan sekolah; (4) dokumen hasil kegiatan; dan (5) pengembangan madrasah.
                      1. Notula Rapat Pembinaan

                      2. RPM Kewirausahaan
                      3Mampu membubuhkan jiwa kewirausahaan (kreatif, inovatif dan produktif) di kalangan warga madrasahAdanya bukti kegiatan yang membubuhkan jiwa kewirausahaan (kreatif, inovatif dan produktif) di kalangan warga madrasahMelalui observasi, wawancara, dan studi dokumen: (1) Rencana Pengembangan Madrasah (RPM) ; (2) dokumen penanganan permasalahan/ kasus; (3) dokumen hasil kegiatan sekolah; (4) dokumen hasil kegiatan; dan (5) pengembangan madrasah.
                      1. Dokumen Hasil Kegiatan
                      2. Notula Rapat Pembinaan
                      3. RPM Kewirausahaan
                      4. RPP BAB Kewirausahaan
                      4Mampu mencatat ide-ide baru, kemudian mengembangkannyaAdanya bukti kegiatan mencatat ide-ide baru, kemudian mengembangkannyaMelalui observasi, wawancara, dan studi dokumen: Rencana Pengembangan Madrasah
                      1. Proposal Kegiatan
                      2025.3.3Memiliki motivasi yang kuat untuk sukses dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya sebagai pemimpin madrasah1Bersedia belajar dari orang lainAdanya bukti kemauan belajar dari orang lainMelalui observasi, wawancara, dan studi dokumen: (1) forum komunikasi dengan lembaga pendidikan lain dan orang tua siswa per tingkat kelas/kelas/ angkatan; dan (2) foto foto kegiatan.
                      1. Forum Komunikasi dengan lembaga pendidikan dan orang tua
                      2Ingin selalu melakukan yang terbaikAdanya bukti keinginan selalu elakukan yang terbaikMelalui observasi, wawancara, dan studi dokumen: (1) dokumen/foto Pelaksanaan kegiatan; (2) keikut sertaan dalam lomba lomba pembelajaran/ pendidikan maupun manajmen; dan (3) prestasi dalam lomba guru, tenaga kependidikan dan kepala madrasah.
                        3Menciptakan perubahan yang kuatAdanya bukti keinginan untuk melakkukan perubahan yang kuatMelalui observasi, wawancara, dan studi dokumen: (1) program inovasi madrasah atau Rencana Pengenbanagan Madrasah (RPM); dan (2) laporan target yang sudah dicapai.
                        1. LAPORAN TARGET RPM
                        2. RPM MAN 2 Semarang
                        2025.3.4Pantang menyerah dan selalu mencari solusi terbaik dalam menghadapi kendala yang dihadapi madrasah1Mampu melibatkan tokoh agama, masyarakat dan pemerintah dalam memecahkan masalah kelembagaanAdanya bukti kegiatan yang melibatkan tokoh agama, masyarakat dan pemerintah dalam memecahkan masalah kelembagaanMelalui observasi, wawancara, dan studi dokumen: (1) MoU dengan pihak lain; (2) sister school; dan (3) kemitraan dengan sekolah lain
                        1. Dokumentasi Kegiatan
                        2. MoU Mr. Bobs
                        2Mampu bersikap obyektif/tidak memihak dalam mengatasi konflik internal madrasah Adanya bukti kagiatan yang menunjukkan sikap obyektif/tidak memihak dalam mengatasi konflik internal madrasah Dokumen kegiatan dan foto
                        1. Dokumentasi Kegiatan
                        3Mampu bersikap simpatik/tenggang rasa terhadap orang lainAdanya bukti sikap simpatik/tenggang rasa terhadap orang lainMelalui studi dokumen kegiatan dan foto
                        1. Dokumentasi Kegiatan
                        2025.3.5Memiliki naluri kewirausahaan dalam mengelola kegiatan produksi/jasa madrasah sebagai sumber pembelajaran peserta didik1Mampu merencanakan kegiatan produksi /jasa sesuai dengan potensi madrasahDokumen perencanaan kegiatan produksi sesuai potensi madrasahMelalui studi dokumen: laporan yang memuat pelaksanaan dan hasil Program Pengembangan Unit Produksi Kewirausahaan
                        1. 3.5.1 Program Kewirausahaan (Merencanakan Kegiatan Produksi)
                        2Mampu membina kegiatan produksi /jasa sesuai dengan prinsip-prinsip pengelolaan yang profesional dan akuntabelAdanya dokumen pembinaan kegiatan produksi /jasa sesuai dengan prinsip-prinsip pengelolaan yang profesional dan akuntabelMelalui studi dokumen: laporan memuat pelaksanaan dan hasil Program Pengembangan Unit Produksi Kewirausahaan
                        1. 3.5.2 Program Kewirausahaan (Membina Kegiatan Produksi)
                        3Mampu melaksanakan pengawasan kegiatan produksi/jasa dan menyusun laporanAdanya dokumen pelaksanakan pengawasan kegiatan produksi/jasa dan menyusun laporanMelalui wawancara dan studi dokumen: (1) laporan hasil Evaluasi Program Pengembangan Kewirausahaan, yang memuat hasil evaluasi; (2) Program Pengembangan Jiwa Kewirausahaan; dan (3) Program Pengembangan Unit Produksi Kewirausahaan.
                        1. 3.5.3 Program Kewirausahaan (Melaksanakan pengawasan Kegiatan Produksi)
                        4Mampu mengembangkan kegiatan produksi/jasa dan pemasarannyaAdanya dokumen pengembangan kegiatan produksi/jasa dan pemasarannyaMelalui wawancara dan studi dokumen: (1) laporan Hasil Evaluasi Program Pengembangan Kewirausahaan, yang memuat hasil evaluasi; (2) Program Pengembangan Jiwa Kewirausahaan; dan (3) Program Pengembangan Unit Produksi Kewirausahaan.
                        1. 3.5.4 Program Kewirausahaan (Mengembangkanmemasarkan Kegiatan Produksi)
                        2025.4.1Menyusun program supervisi akademik dalam rangka peningkatan profesionalisme guru1Mengidentifikasi masalah yang guru hadapi dalam pelaksanaan pembelajaran.Terdapat rumusan masalah yang Kepala Madrasah peroleh dari pemantauan perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran. Melalui studi dokumen: (1) program pengawasan pembelajaran/ supervisi pembelajaran; (2) jadwal pelaksanaan supervisi; dan (3) SK tim supervisor.
                        1. 1. program pengawasan pembelajaran/ supervisi pembelajaran
                        2. 2. jadwal pelaksanaan supervisi
                        3. 3. SK Tim Supervisi dan PKG 2025/ 2026
                        4. 3. SK Tim Supervisi Tahun Ajara 2024-2025
                        5. Dokumen rapat persiapan KBM dan supervisi pembelajaran
                        2Mampu merumuskan tujuan yang dilengkapi dengan target pencapaian yang terukur.Terdapat rumusan tujuan supervisi yang dilengkapi dengan target pencapaian yang terukur.Melalui studi dokumen: (1) Program pengawasan pembelajaran/ supervisi pembelajaran; dan (2) jadwal pelaksanaan supervisi.
                        1. 1. Program pengawasan pembelajaran/ supervisi pembelajaran
                        2. 2. jadwal pelaksanaan supervisi
                        3Mampu mengembangkan instrumen supervisi.Instrumen yang digunakan relevan dengan target indikator pecapaian tujuan madrasah.Melalui studi dokumen: instrumen supervisi pembelajaran
                          2025.4.2Melaksanakan supervisi akademik terhadap guru dengan menggunakan pendekatan dan teknik supervisi yang tepat.1Mengadakan pertemuan awal untuk menjaring data rencana pembelajaran dan menetapkan fokus kegiatan supervisi.Terdapat data hasil pertemuan awal seperti; masalah, tujuan, fokus utama supervisi, dan instrumen yang disepakati Melalui Wawancara dan studi dokumen: program pengawasan pembelajaran/ supervisi pembelajaran
                          1. supervisi ATP selamet hanafi
                          2. supervisi Modul Ajar selamet hanafi
                          3. supervisi pembelajaran selamet hanafi
                          4. Supervisi ATP, Muntafiyah

                          5. Supervisi Modul Ajar Ninik Fitriyani

                          6. SUPERVISI PEMBELAJARAN FEBRIANA WULAN SUCI

                          7. SUPERVISI PEMBELAJARAN Khaesti Dini Habibah

                          8. INSTRUMEN MODUL AJAR Fathiyatul Mubayinah
                          9. INSTRUMEN PEMBELAJARAN Fathiyatul Mubayinah
                          10. INSTRUMEN SUPERVISI ATP Fathiyatul Mubayinah
                          11. Noviati_Jamilah_ SUPERVISI RPP _ MODUL AJAR
                          12. Noviati_Jamilah_SUPERVISI ATP
                          13. Noviati_Jamilah_SUPERVISI PEMBELAJARAN
                          14. Supervisi ATP Agus Nofal
                          15. SUPERVISI ATP FEBRIANA WULAN SUCI
                          16. Supervisi ATP Fithrotil Kamiliya
                          17. Supervisi ATP Gus Thohir
                          18. SUPERVISI ATP khaesti dini habibah
                          19. SUPERVISI ATP Lilik As'adah
                          20. supervisi ATP Mahmudah Rahmawati
                          21. Supervisi ATP Munjiyati
                          22. Supervisi ATP Nashif 'Ubbadah
                          23. Supervisi ATP Ninik Fitriyani
                          24. supervisi ATP Nur Azizah
                          25. Supervisi ATP Nur Rokhman
                          26. Supervisi ATP Nurul
                          27. Supervisi ATP Raudhatul Munawaroh
                          28. Supervisi ATP Ruslin
                          29. supervisi ATP Supriyanto
                          30. Supervisi ATP Umi Farida
                          31. Supervisi ATP Yudi Sahrul Sidik
                          32. Supervisi ATP Yuliati Khasanah, S.Si
                          33. Supervisi ATP_Laela
                          34. Supervisi ATP_pujiasari
                          35. Supervisi Modul _ Laela
                          36. Supervisi Modul Ajar Agus Nofal
                          37. SUPERVISI MODUL AJAR FEBRIANA WULAN SUCI
                          38. Supervisi Modul Ajar Fithrotil Kamiliya
                          39. Supervisi Modul Ajar Gus Thohir
                          40. SUPERVISI MODUL AJAR khaesti dini habibah
                          41. SUPERVISI MODUL AJAR LILIK AS'ADAH
                          42. supervisi Modul Ajar Mahmudah Rahmawati
                          43. Supervisi Modul Ajar Munjiyati
                          44. supervisi Modul Ajar Nur Azizah
                          45. Supervisi modul ajar Nur Rokhman
                          46. Supervisi Modul Ajar Nurul
                          47. Supervisi Modul Ajar Raudhatul Munawaroh
                          48. Supervisi Modul Ajar Ruslin
                          49. supervisi Modul Ajar Supriyanto
                          50. Supervisi Modul Ajar Umi farida
                          51. Supervisi Modul Ajar Yudi Sahrul Sidik
                          52. Supervisi Modul Ajar_pujiasari
                          53. Supervisi Modul Ajar, Muntafiyah
                          54. Supervisi Modul Ajar/RPP Nashif 'Ubbadah
                          55. Supervisi Pembelajaran Agus Nofal
                          56. Supervisi Pembelajaran Fithrotil Kamiliya
                          57. Supervisi Pembelajaran Gus Thohir
                          58. SUPERVISI PEMBELAJARAN khaesti dini habibah
                          59. Supervisi Pembelajaran Lilik As'adah
                          60. supervisi Pembelajaran Mahmudah Rahmawati
                          61. Supervisi pembelajaran Munjiyati
                          62. Supervisi Pembelajaran Nashif 'Ubbadah
                          63. Supervisi Pembelajaran Ninik Fitriyani
                          64. supervisi pembelajaran Nur Azizah
                          65. Supervisi pembelajaran Nur Rokhman
                          66. Supervisi Pembelajaran Nurul
                          67. Supervisi Pembelajaran Raudhatul Munawaroh
                          68. Supervisi pembelajaran Ruslin
                          69. supervisi pembelajaran Supriyanto
                          70. Supervisi Pembelajaran Umi Farida
                          71. Supervisi Pembelajaran Yudi Sahrul Sidik
                          72. Supervisi Pembelajaran Yuliati Khasanah
                          73. Supervisi Pembelajaran_Laela
                          74. Supervisi Pembelajaran_pujiasari
                          75. Supervisi Pembelajaran, Muntafiyah
                          76. supervisi RPP
                          77. Supervisi RPP_Modul Ajar Yuliati khasanah
                          78. Supevisi ATP M_Aditia
                          79. Supevisi Modul Ajar M_Aditia
                          80. Supevisi Pembelajaran M_Aditia
                          2Melaksanakan kegiatan pemantauan pembelajaran dan membuat catatan yang objektif dan selektif sebagai bahan pemecahan masalah supervisi.Dokumen hasil observasi pembelajaran, lengkap, objektif dan selektif serta relevan dengan masalah yang menjadi fokus supervisi.Melalui Wawancara dan studi dokumen: (1) instrumen supervisi pembelajaran; dan (2) dokumen laporan hasil supervisi pembelajaran.
                          1. Dokumentasi Supervisi
                          3Melakukan pertemuan refleksi, menganalisis catatan hasil observasi, dan menyimpulkan hasil observasiDokumen catatan pelaksanaan kegiatan, melaksanakan refleksi, himpunan data hasil superivisi, analisis data, penafsiran, penilaian keunggulan dan kelemahan, serta rekomendasi perbaikan.Melalui wawancara dan studi dokumen: analisis hasil supervisi pembelajaran
                          1. Ceklish Supervisi
                          4Bersama guru menyusun rekomendasi tindaklanjut perbaikan dalam bentuk kegiatan analisis butir soal, remedial, dan pengayaan.Data tindak lanjut pelaksanaan supervisi penilaian, bukti analisis butir soal, kegiatan remedial dan pengayaan.Melalui wawancara dan studi dokumen: (1) dokumen hasil analisis dan tindak lanjut supervisi pembelajaran; dan (2) program kegiatan workshop/diklat untuk guru.
                          1. 2. Program workshop
                          2025.4.3Menilai dan menindaklanjuti kegiatan supervisi akademik dalam rangka peningkatan profesionalisme guru.1Memfasilitasi guru dalam merencanakan tindak lanjut perbaikan sistem penilaian hasil belajar.Terdapat bukti tindak lanjut perbaikan sistem penilaian hasil belajar Melalui Wawancara dan studi dokumen: program pengawasan pembelajaran/ supervisi pembelajaran
                            2Mengecek ulang keterlaksanaan rekomendasi oleh gurudokumen rekomendasi perbaikan sistem penilaian hasil belajar secara berkala.Melalui Wawancara dan studi dokumen: (1) instrumen supervisi pembelajaran; dan (2) dokumen laporan hasil supervisi pembelajaran.
                              3Melaksanakan pembinaan dan pengembangan guru sebagai tindaklanjut kegiatan supervisi.Terdapat bukti, berupa laporan tindak lanjut hasil supervisi sebagai dasar pelaksanaan pembinaan guru.Melalui wawancara dan studi dokumen: analisis hasil supervisi pembelajaran
                                4Menggunakan data hasil supervisi untuk pemetaan ketercapaian progam sebagai dasar perbaikan siklus berikutnya..Hasil supervisi keterlaksanaan dan ketercapaian program sebagai bahan penilaian kinerja dan pemetaan profil madrasah sebagai dasar perencanaan siklus berikutnya.Melalui wawancara dan studi dokumen: (1) dokumen hasil analisis dan tindak lanjut supervisi pembelajaran; dan (2) program kegiatan workshop/diklat untuk guru.
                                1. 2. Program workshop
                                2025.5.1Prestasi peserta didik1Prestasi akademik peserta didikTerdapat prestai akademik peserta didik pada berbagai tingkat Melalui studi piagam dan piala prestasi akademik
                                  2Prestasi non akademik peserta didikTerdapat prestai non akademik peserta didik pada berbagai tingkat Melalui studi piagam dan piala prestasi non akademik
                                    2025.5.2Prestasi Pendidik dan Tenaga Kependidikan1Prestasi akademik pendidik dan tenaga kependidikanTerdapat prestai akademik pendidik dan tenaga kependidikan pada berbagai tingkat Melalui studi piagam dan piala prestasi akademik pendidik dan tenaga kependidikan
                                    1. Piagam Lomba Febriana Wulan Suci
                                    2. Piagam Lomba Hestina Endriani
                                    3. piagam lomba prayudi
                                    4. Piagam Lomba Umi Farida
                                    2Prestasi non akademik pendidik dan tenaga kependidikanTerdapat prestai non akademik pendidik dan tenaga kependidikan pada berbagai tingkat Melalui studi piagam dan piala prestasi non akademik pendidik dan tenaga kependidikan
                                    1. Piagam donor darah Prayudi K
                                    2025.5.3Prestasi Madrasah1Kelebihan prestasi akademik dari madrasah/sekolah lainnyaTerdapat bukti keunggulam prestasi akademik madrasahMelalui studi piagam, piala, dan laporan kegiatan lomba akademik yang diikuti
                                      2Kelebihan prestasi non akademik dari madrasah/sekolah lainnyaTerdapat bukti keunggulam prestasi non akademik madrasahMelalui studi piagam, piala, dan laporan kegiatan lomba non akademik yang diikuti
                                        2025.5.4Prestasi Kepala Madrasah1Ijazah yang dimiliki kepala madrasahTerdapat bukti ijazah kepala madrasahBukti dokumen ijazah kepala madrasah
                                        1. ijazah kepala madrasah
                                        2Pendidikan dan pelatihan yang pernah diikuti oleh kepala madrasahTerdapat bukti keikutsertaan dalam diklatBukti dokumen sertifikat diklat
                                        1. Inovasi madrasah
                                        2. Inovasi madrasah
                                        3. Lokakarya
                                        4. Publikasi Ilmiah (Introduction) Angkatan VI
                                        3Penguasaan ICT kepala madrasahTerdapat bukti penguasaan ICTPraktik penggunaan ICT
                                          4Prestasi yang diraih oleh kepala madrasahTerdapat bukti prestasi kepala madrasahBukti piagam, medali, piala
                                            5Kegiatan penelitian kependidikan yang telah dilakukan oleh kepala madrasahTerdapat bukti karya penelitian kependidikanBukti karya ilmiah hasil penelitian bidang pendidikan
                                              6Kegiatan pelibatan komite dalam mendukung program madrasahTerdapat bukti pelibatan komite madrasah dalam mendukung program madrasahBukti dokumen program kegiatan, laporan rapat-rapat dengan komite madrasah
                                                7Kegiatan kemitraan dengan stakeholder pendidikan dalam meningkatkan kompetensi guru madrasah.Terdapat bukti kerjasama kemitraan untuk peningkatan kompetensi guru madrasahBukti dokumen program kegiatan, perjanjian kerjasama kemitraan